Keunggulan Partisi Pintu Lipat Dibandingkan Dinding Permanen

Ada beberapa keunggulan partisi pintu lipat yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dinding permanen. Oleh sebab itulah, tidak heran kalau banyak yang mengidolakan partisi model folding ini.

Perkembangan zaman memang menuntut setiap orang lebih kreatif dan inovatif, terutama saat harus memilih komponen bangunan. Selain harus sesuai kebutuhan, elemen juga sebaiknya multifungsi.

7 Keunggulan Partisi Pintu Lipat

Anda ingin menghadirkan sebuah ruang luas tapi bisa difungsikan secara maksimal, bahkan dibagi menjadi beberapa ruang sekaligus? Partisi model pintu lipat bisa menjadi alternatif solusi terbaik.

Dibandingkan menyekat ruang dengan dinding beton yang bersifat permanen. Penggunaan partisi pintu lipat sudah tentu lebih hemat anggaran, dan proses perombakannya juga sangat simple.

Namun, sebelum memutuskan mengaplikasikan partisi lipat, sebaiknya Anda mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan fungsinya secara optimal.

Di bawah ini adalah kelebihan dari partisi pintu lipat:

1. Praktis

Apabila dibandingkan dinding konvensional, sudah pasti instalasi partisi lipat lebih praktis. Pasalnya, Anda tidak akan menemukan banyak kendala saat dalam proses pemasangan.

Penggunaan partisi lipat tidak akan mengubah interior ruangan secara signifikan, karena partisi bisa dipasang sesuai kebutuhan. Kalau sudah tidak dipakai, tinggal lipat dan simpan.

Selain itu, jika ingin mengubah desain ruangan agar tidak monoton juga jadi lebih simple. Anda bisa dengan mudah menambah dekorasi, dan mengubah ukuran suatu ruang.

Tentu akan berbeda cerita kalau yang digunakan adalah dinding permanen. Sebab jika ingin merubah desain maupun ukuran ruang, Anda perlu merobohkan dinding terlebih dahulu.

2. Hemat Anggaran

Keunggulan partisi pintu lipat selanjutnya adalah lebih hemat biaya atau pengeluaran. Selain harganya lebih terjangkau, proses pemasangannya juga terbilang cukup mudah.

Anda bahkan tidak perlu merekrut tenaga pasang banyak untuk instalasinya. Bandingkan saja kalau yang ingin Anda dirikan adalah dinding permanen, tentu akan jauh lebih repot.

Selain membutuhkan waktu cukup lama dalam pengerjaannya, dinding konvensional juga mengharuskan Anda merogoh kocek cukup dalam, sehingga terbilang kurang efektif.

Penggunaan partisi lipat sejak awal akan menekan anggaran keluar, sebab Anda dapat dengan mudah mengubah dinding penyekat kapan saja, dengan biaya yang lebih minim.

3. Model Fleksibel

Selain memiliki tampilan menarik, tekstur partisi lipat juga sangat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan bentuk serta luas ruangan, sehingga mudah diubah sesuai keinginan.

Partisi lipat terbuat dari material khusus yang membuatnya fleksibel saat digunakan. Jadi, bukan sekedar unggul karena partisi dapat dioperasikan dengan cara dilipat saja.

Sedangkan pada dinding permanen, Anda tidak akan dapat mengubah bentuknya, apalagi memindahkan atau menggesernya. Karena dinding terbuat dari material beton yang kokoh.

Meskipun bersifat semi permanen, namun partisi lipat terbuat dari material berkualitas sehingga lebih mudah dioperasikan. Bahkan beberapa jenis partisi dibekali dengan roda.

Hal tersebut menjadi nilai plus tersendiri karena partisi bisa digeser ke kiri dan kanan sesuka Anda. Karenanya, wajar saja kalau banyak bangunan publik yang menggunakan partisi lipat.

4. Desain Menarik

Dari segi desain, pintu lipat jelas memiliki tampilan yang lebih menarik. Anda bisa memilih berbagai macam model dan desain partisi sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Saat ini, ada cukup banyak desain dan warna partisi pintu lipat yang ditawarkan oleh produsen. Mulai dari warna polos elegan, hingga warna-warna mencolok dan menarik.

Partisi lipat dilengkapi mekanik yang berfungsi sebagai pengunci pintu supaya letaknya tidak bergeser. Dengan begitu, meskipun lebar tapi pintu bisa dioperasikan satu orang saja.

Bayangkan kalau Anda membangun dinding permanen sejak awal. Selain perlu menunggu waktu cukup lama untuk membuatnya, Anda juga perlu mengecat dinding agar menarik.

Bahkan, untuk menonjolkan sisi visualnya, pada beberapa kondisi Anda juga harus melapisi tembok dengan wallpaper dan menambahkan ornamen dekorasi pada kedua sisi partisi.

5. Mampu Meredam Suara

Beberapa jenis material partisi lipat juga memiliki kemampuan semi redam dengan tingkat reduce medium. Ini sangat cocok jika Anda menginginkan ruang yang nyaman dan tenang.

Apalagi, kalau ruangan yang akan disekat dengan partisi akan difungsikan sebagai ruang kerja, atau ruang meeting. Tentu harus bebas suara berisik dan gaduh yang berasal dari luar.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa memilih partisi model lipat dari material yang memiliki daya serap suara atau tingkat kekedapan cukup tinggi agar hasilnya lebih optimal.

6. Memaksimalkan Fungsi Ruangan

Keunggulan partisi pintu lipat yang sering diincar oleh banyak pihak adalah karena efektivitasnya dalam memaksimalkan fungsi ruang, dengan cara membagi ruangan.

Misalnya, kalau di rumah atau gedung kantor Anda terdapat sebuah space luas, dan kebetulan Anda membutuhkan ruang lain untuk melakukan aktivitas yang berbeda.

Anda tidak perlu susah payah membangun tembok untuk menyekat ruang luas tersebut, cukup dengan memasang partisi pintu lipat yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan ruang.

Suatu saat, kalau Anda memerlukan penggunaan ruang yang luas, maka bisa dengan mudah menggeser dan melipat partisi. Jadi, lebih simple, namun memiliki manfaat sangat banyak.

7. Ruangan Menjadi Lebih Rapi

Instalasi partisi lipat bukan hanya ampuh untuk memaksimalkan fungsi ruang, namun juga akan membuat ruangan terlihat lebih rapi, sehingga lebih nyaman digunakan beraktivitas.

Pemilihan pintu dengan desain menarik juga akan memberikan keuntungan tersendiri, yakni meningkatkan nilai estetika dari ruang-ruang yang disekat dengan partisi lipat tersebut.

Setelah mengetahui keunggulan partisi pintu lipat, tentunya sekarang Anda lebih mantap dalam memilih penyekat model ini. Apalagi, cara pasang dan bongkarnya sangat mudah dan praktis.

Leave a Comment