Mengenal Manfaat dan Keunggulan Pintu Geser

Keunggulan pintu geser pada bangunan memang cukup besar. Selain berfungsi sebagai penghubung antar ruang, sliding door juga bisa menjadi solusi menciptakan ilusi ruang lebih luas.

Dalam beberapa tahun belakangan, pintu geser telah menjadi pilihan favorit banyak orang. Hadir dengan desain simple dan elegan, cara mengoperasikan sliding door juga terbilang sangat praktis.

Keunggulan Pintu Geser

Sliding door dibuat dengan berbagai kelebihan yang menjadi nilai plusnya. Mau tahu apa saja keunggulan pintu geser? Jawaban lengkapnya ada di bawah ini:

1. Memberikan Keamanan

Selain berfungsi sebagai penghubung, pintu geser juga memberikan keamanan bagi penghuni gedung. Tidak mengherankan apabila sliding door sering digunakan pada eksterior.

Akan tetapi, kalau ingin dijadikan sebagai pintu utama, ada baiknya memilih pintu yang dilengkapi fitur keamanan ganda, seperti kunci dengan password agar tidak mudah dibuka.

Sliding door berteknologi modern akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat berada di dalam gedung, bahkan meskipun saat sendirian. Karena tidak sembarang orang bisa masuk.

2. Menghemat Ruang

Sliding door akan menciptakan tampilan sekat atau batas natural antara area luar dan dalam rumah. Apalagi, penggunaannya tidak membutuhkan banyak space pada ruangan.

Pintu geser bisa menjadi pilihan yang tepat pada bangunan minimalis. Sebab terbukti efektif dalam menghilangkan kesan ruangan terlihat sempit, khususnya pada saat Anda buka pintu.

3. Mudah Dibersihkan

Berbeda dengan pintu model kebanyakan, sliding door lebih mudah dibersihkan. Namun, jangan lupa untuk merawat bagian roller juga, dan pastikan kalau bebas dari kotoran.

Debu dan serpihan lain memang tampak sangat sepele. Akan tetapi, kalau dibiarkan, maka akan terus menumpuk, dan akhirnya menghambat kerja serta fungsi pintu geser Anda.

4. Efisiensi Energi

Keunggulan pintu geser selanjutnya adalah hemat energi, khususnya kalau sliding door yang Anda gunakan berdaun pintu kaca transparan, maka akan memberikan manfaat lebih.

Material kaca akan membuat cahaya lebih mudah menembus masuk ke dalam gedung pada siang hari. Hal ini tentu bakalan menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu.

Seperti diketahui, pada bagian bangunan yang menjorok ke dalam, apalagi di gedung perkantoran, tentu menyalakan lampu pada siang hari seolah sudah menjadi kewajiban.

Hal tersebut dilakukan guna menunjang kinerja seluruh pegawai. Apalagi, kalau pekerjaan yang dilakukan berkaitan dengan penggunaan PC, tentu butuh penerangan ekstra.

5. Difungsikan Sebagai Partisi

Tidak sedikit pihak lebih memilih pintu geser berdaun kaca untuk dijadikan sebagai sekat ruang. Untuk menciptakan kesan luas dan terang, Anda tinggal menyibak tirai pintu saja.

Sedangkan kalau membutuhkan privasi, maka bisa menutup pintu menggunakan tirai gelap. Dengan begitu, kondisi ruangan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera saja.

Kekurangan Pintu Geser

Di samping mengetahui keunggulan pintu geser, Anda juga harus tahu apa saja kekurangannya. Dengan begitu, maka kelemahan ini dapat dicegah maupun diminimalisir sejak awal sebelum beli.

Lalu, apa saja kekurangan dari sliding door? Di bawah ini adalah jawabannya:

1. Instalasi Membutuhkan Peralatan Kompleks

Apabila ingin menjatuhkan pilihan pada pintu geser, maka pastikan kalau Anda telah mempersiapkan cukup budget. Karena proses pemasangannya memang cukup rumit.

Di samping itu, Anda juga harus mempunyai dana cadangan untuk keperluan perawatan. Baik itu bagian daun pintu, maupun rel dan rodanya agar pintu tetap berfungsi maksimal.

Sliding door memang rawan dengan berbagai masalah dan gangguan, mulai dari macet, sulit digeser, hingga bagian relnya berkarat yang membuat pintu menjadi sulit untuk dioperasikan.

2. Membutuhkan Tenaga Ekstra Jika Ukuran Pintu Terlalu Luas

Sekilas, sliding door memang hadir dengan mengusung desain slim yang menarik dan elegan. Namun, kalau pintu yang dipasang terlalu tinggi atau lebar bisa mempersulit Anda.

Pasalnya, Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk menggesernya. Oleh sebab itu, hindari menggunakan sliding door dari bahan yang berat, dan selalu perhatikan ukuran ruang.

3. Dapat Ditembus Udara

Pintu geser memang bisa menjadi alternatif solusi bagus untuk diletakkan pada ruangan berukuran minimalis. Namun, ketika ditutup masih memberi celah antara pintu dan dudukan.

Celah tersebut akan membuat udara bisa bebas keluar masuk, sehingga ruangan mungkin akan terasa dingin, khususnya pada saat hujan maupun malam hari.

Di samping itu, model sliding door juga tidak dapat memberikan penutup yang erat sebagaimana terdapat pada pintu konvensional.

Namun, Anda bisa mengatasi dengan tirai.

Tips Merawat Pintu Geser Supaya Awet dan Tahan Lama

Salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas dan daya tahan pintu geser adalah dengan memberikan perawatan secara berkala, baik pada bagian daun, rel, atau pun roda.

Di bawah ini adalah jenis masalah umum pada pintu geser beserta cara mengatasinya:

1. Renggang dan Seret

Masalah ini biasanya terjadi pada pintu geser yang menggantung dan memiliki bobot cukup berat. Penyebabnya adalah sekrup yang digunakan mengikat bantalan longgar.

Untuk menghindari pintu macet saat digunakan, Anda harus melakukan pemeriksaan berkala. Kalau sekrup tampak kendur, segera kencangkan agar tidak membahayakan orang lain.

2. Sukar Dioperasikan (Buka – Tutup)

Kondisi umumnya disebabkan penumpukan kotoran pada railing atau roda bantalan sehingga mengakibatkan pintu susah saat hendak dibuka maupun ditutup.

Agar hal ini tidak terjadi, maka Anda wajib membersihkan railing secara berkala menggunakan kuas. Untuk kotoran membandel, maka bisa pakai campuran air dan deterjen.

3. Menimbulkan Suara Berisik

Pintu yang mengeluarkan bunyi berisik ketika digunakan tentu akan sangat mengganggu. Biasanya ini diakibatkan terjadi gesekan antara pintu dengan dinding bangunan.

Bagaimana cara mengatasinya? Sederhana saja, Anda tinggal aplikasikan bantalan karet pada area tepian pintu. Ini juga akan membuat pintu terhindar dari kelecetan.

Mengetahui kekurangan dan keunggulan pintu geser saja nyatanya tidak cukup. Sebab sebagai pembeli cerdas Anda juga wajib memahami bagaimana trik merawat sliding door secara signifikan.

Leave a Comment