Fungsi Pintu Partisi Sebagai Penyekat Ruangan

Pintu partisi menjadi pengganti peran dinding atau tembok sebagai penyekat ruangan. Terdapat fungsi lain di samping fungsi pintu partisi sebagai penyekat ruangan.

Fungsi ini berkaitan dengan efisiensi ruangan dan juga keindahan. Dengan ragam fungsi inilah pintu partisi banyak diminati sebagai pengganti dinding untuk sekat antar ruangan.

Fungsi Pintu Partisi sebagai Penyekat Ruangan

Pintu partisi memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan penggunaan sekat tembok pada ruangan satu dengan yang lainnya.

Sekat jenis ini telah lama digunakan dan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Di Jepang, pintu partisi yang bisa dilipat dan digeser telah lama digunakan sebagai penyekat ruangan satu dengan yang lainnya.

Bahkan pintu partisi ini harus ada di bagian dalam rumah tradisional Jepang yang disebut dengan Minkan.

Pintu partisi ini banyak dipilih karena dahulu belum ada dinding tembok seperti sekarang, sehingga mereka memanfaatkan bahan yang ada, seperti bambu dan kertas.

Sama seperti sekarang, pintu partisi di rumah-rumah tradisional juga berfungsi sebagai sekat, terutama sekat antara ruang utama dan ruang tamu.

Namun di zaman sekarang, pintu partisi telah banyak mengalami perkembangan, sehingga fungsinya pun semakin bertambah banyak.
Terdapat beberapa fungsi yang dimiliki oleh pintu partisi penyekat ruangan, di antaranya:

1. Pemisah Dua Ruangan

Fungsi pertama yang dimiliki oleh pintu partisi adalah sebagai pemisah dua buah ruangan yang saling bersebelahan.

Pembagian satu buah area yang luas menjadi dua buah ruangan dengan sekat tentu dilakukan karena adanya perbedaan nilai fungsional antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Sebagai contoh, kamar tidur memiliki fungsi yang tidak sama dengan ruang makan maupun dapur. Untuk itu, keduanya perlu dipisahkan dengan sebuah sekat agar fungsi keduanya dapat dijalankan.

Dengan adanya hal ini, akan lebih baik jika menentukan terlebih dahulu fungsi apa yang akan dimiliki oleh sebuah ruangan ketika diberi sekat berupa pintu partisi.

2. Menjaga Privasi di Ruangan Tertentu

Pintu partisi sebagai penyekat ruangan juga memiliki fungsi lain, salah satunya adalah memberikan privasi pada bagian ruangan tertentu.
Privasi merupakan salah satu hal yang harus dijaga, sehingga tidak boleh dilanggar, baik privasi orang lain maupun privasi diri sendiri.

Sebuah ruangan umumnya dibuat untuk keperluan tertentu, yakni melakukan aktivitas yang tidak bisa dilakukan di ruangan yang lainnya.

Misalnya, seseorang membutuhkan kamar mandi untuk mandi, sehingga aktivitas mandi harus dilakukan di kamar mandi, tidak bisa di kamar tidur maupun dapur.

Oleh karena itu, setiap ruangan perlu sekat untuk memberikan serta menjaga privasi.

Ruangan yang memiliki privasi akan memberikan kenyamanan, sehingga melakukan aktivitas di dalamnya akan terasa aman dan terlindungi.

3. Elemen Penghias Ruangan

Selain menjadi sekat, rupanya pintu partisi juga punya fungsi sebagai elemen penghias ruangan. Dibandingkan dengan dinding, pintu partisi bentuknya lebih unik dan tidak monoton.

Terlebih sekarang ada banyak penjual pintu partisi yang membuat desain semenarik mungkin agar pembelinya tertarik.

Desain menarik tersebut tidak hanya dari segi corak dan gambarnya saja, melainkan desain konsepnya pun banyak yang dibuat unik.

Desain-desain pintu partisi cantik inilah yang bisa dipilih sebagai salah satu dekorasi ruangan sekaligus memenuhi fungsi utama dari penyekat ruangan.

Namun, desain tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi ruangan. Ruangan yang menjaga erat privasi tentu tidak akan menggunakan pintu partisi berbahan transparan.

4. Membuat Ruangan Jadi Lebih Efisien

Sering kali ruangan tertentu terlalu sempit, sehingga butuh pelebaran dengan cara melepas sekat dengan ruangan lainnya yang mungkin tidak terpakai.

Penggunaan pintu partisi sebagai sekat ternyata punya sisi unggul, yakni dapat digeser atau dipindahkan sehingga ruangan menjadi lebih lebar.

Hal ini sangat bermanfaat ketika membutuhkan ruangan yang lebih lebar atau lebih sempit. Cukup dengan memindah-mindah pintu partisi Anda bisa mendapatkan lebar ruangan sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, suatu rumah memiliki ruang yang cukup lebar dan akan digunakan sebagai ruang tengah dan ruang tamu.

Suatu saat ruang tamu terlalu sempit untuk menampung tamu dari acara makan besar satu keluarga, sehingga ruang tengah perlu digunakan.

Dengan sekat yang bisa digeser-geser ruang tengah dapat beralih fungsi sementara menjadi ruang tamu. Inilah yang disebut dengan membuat ruangan menjadi lebih efisien dengan pintu partisi.

5. Menutupi Bagian yang Kurang

Sering kali bagian rumah tertentu kurang cocok dengan bagian yang lainnya, sehingga perlu ditutup agar tampilan interior lebih indah dipandang.

Berkat adanya pintu partisi, bagian tersebut dapat ditutupi dengan baik.

Hal inilah yang menjadi salah satu fungsi pintu partisi sebagai penyekat ruangan sekaligus kelebihannya dibandingkan model sekat biasanya.

Contohnya, kolom di sudut ruang dan dekat area tangga memiliki tampilan yang kurang cocok dengan tampilan ruangan.
Bagian tersebut dapat ditutupi dengan pintu partisi jenis sketsel yang dapat menutup lewat daun lipatannya.

6. Tempat Multiguna

Berkat adanya perkembangan teknologi dan kreativitas manusia, pintu partisi kini tak hanya sekadar menjadi sekat antar ruangan saja.

Dengan adanya inovasi dari segi desain bentuk, jenis, maupun materialnya yang semakin beragam, rumah menjadi sangat ringkas.

Sekarang sudah banyak pintu partisi yang memiliki fungsi lain sebagai area penyimpanan barang-barang.

Desain semacam ini akan sangat ringkas jika digunakan pada hunian kecil yang membutuhkan area penyimpanan namun space-nya cukup terbatas.

Fungsi pintu partisi sebagai penyekat ruangan telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan mungkin akan terus berkembang dengan adanya inovasi-inovasi lainnya di masa mendatang.

Leave a Comment