8 Desain Pembatas Ruangan dari PVC yang Bisa Dipilih

Pembatas ruangan atau partisi dari bahan PVC dikenal lebih tahan air dan juga tahan rayap. Selain itu, banyaknya desain pembatas ruangan dari PVC juga menjadi keunggulan dari partisi yang satu ini.

Anda bisa memilih desain yang cocok dengan konsep ruangan yang dipilih, apakah ruangan minimalis atau konsep yang lainnya. Berikut beberapa desain partisi berbahan PVC yang bisa dipilih.

Inspirasi Desain Pembatas Ruangan dari PVC

1. Partisi Geser PVC

Desain Partisi Geser PVC

Desain pertama merupakan pembatas ruangan dari PVC yang berukuran kecil. Bahan PVC membuat pintu ini terlihat mengkilap dan elegan dari segala sisi.

Dengan menggunakan sistem lipat, sekat ini bisa dipindahkan atau dibuka secara penuh ketika membutuhkan akses lebih terhadap ruangan.

Pemilihan warna cokelat membuatnya semakin elegan dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai partisi tempat kursus maupun ruangan santai yang lainnya.

2. Lipat Buka Tengah

desain Lipat Buka Tengah

Pembatas ruangan yang satu ini memang sudah banyak dijumpai, namun biasanya terbuat dari bahan aluminium.

Penggunaan bahan PVC membuat tampilannya jauh lebih elegan dan menarik jika dibandingkan dengan yang berbahan aluminium.

Selain itu, partisi ini sangat cocok untuk sekat ruangan di rumah karena lebih tahan terhadap rayap dan tentunya tahan air.

Karena menggunakan sistem lipat tengah, partisi ini bisa dibuka dari dua arah dengan sisi yang lebarnya sama.

3. Motif Renda Lingkaran

Motif Renda Lingkaran

Jika Anda tidak menginginkan atau kurang suka dengan sekat yang terlalu rapat seperti dua contoh sebelumnya, sekat bermotif renda ini bisa dipilih.

Kesannya sangat modern dengan lubang-lubang yang terbentuk dari motif lingkaran. Selain itu, pemilihan warna putih juga membuatnya sangat cocok dengan konsep minimalis.

Karena terdapat lubang-lubang pada motif renda yang satu ini, partisi ini kurang cocok untuk pembatas ruangan yang privasinya lebih besar.

Sebaliknya, partisi ini lebih cocok untuk ruang tengah dan ruang tamu ataupun antara dapur dengan ruang makan.

4. Partisi PVC Cokelat Motif Daun

Partisi PVC Cokelat Motif Daun

Desain pembatas ruangan PVC berikutnya sangat cocok untuk rumah semi klasik. Pemilihan warna cokelat sangat cocok dipasang pada area rumah yang tidak terlalu dalam.

Motif daun ala motif hena membuatnya sangat cocok dengan konsep semi klasik yang khas. Karena desainnya berupa renda, maka kurang cocok untuk partisi kamar maupun ruangan sejenisnya.

Partisi semacam ini juga kerap dijumpai di area hotel karena memang sangat cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan, di samping fungsinya sebagai penyekat antar ruangan.

5. Motif Daun Talas

Motif Daun Talas

Kesan tempat penginapan dengan area santai sangat cocok digambarkan dengan desain pembatas ruangan dari PVC bermotif daun talas ini.

Kesan tersebut didapatkan dari konsep penginapan yang mewah namun tetap mengusung konsep minimalis, seperti pada hotel maupun hunian pribadi di dekat area pantai.

Partisi ini biasanya diletakkan antara ruang santai dengan bagian dapur atau pintu kamar mandi. Dibandingkan dengan sekat antar ruangan, partisi ini banyak digunakan sebagai dekorasi saja.

6. Tipe Sorepa PVC Motif Batik

Tipe Sorepa PVC Motif Batik

Partisi Sorepa terkenal dengan kemampuannya dalam meredam suara, baik suara yang masuk ke dalam ruangan maupun suara dalam ruangan yang keluar.

Partisi bermotif batik ini sangat cocok digunakan untuk ruangan yang besar dan kurang cocok sebagai dekorasi semata tanpa memperhatikan fungsi.

Hal ini disebabkan oleh harga Sorepa yang cukup mahal, sehingga akan sangat sayang untuk mengesampingkan fungsinya sebagai peredam suara.

Tak heran jika partisi Sorepa ini banyak dijumpai pada ruang-ruang dengan tingkat privasi yang tinggi, seperti ruang meeting, ballroom hotel, aula besar, dan masih banyak yang lainnya.

Desainnya juga elegan, sehingga memasang partisi ini di ruangan besar tidak akan terlihat seperti sekat yang mengganggu pemandangan.

7. Partisi Geser PVC Motif Kayu

Partisi Geser PVC Motif Kayu

Untuk area rumah sakit, partisi dari PVC memang lebih banyak digunakan dibandingkan dengan partisi dari bahan kayu.

Tampilannya yang sederhana namun tetap elegan dan terlihat klinis membuatnya banyak dipilih. Salah satu desain yang mungkin sering

Anda jumpai ada di rumah sakit adalah partisi geser motif kayu.

Selain tampilannya, sifat tahan rayap dan tahan air dari PVC juga menjadi alasan mengapa partisi jenis ini banyak dipilih untuk sekat di ruangan rumah sakit.

Selain area rumah sakit, partisi geser jenis ini juga banyak dijumpai di klinik maupun salon kecantikan. Namun tak menutup kemungkinan untuk penggunakan di rumah pribadi juga.

8. Renda Motif Kawung

Renda Motif Kawung

Ruangan kerja di kantor maupun di bank sangat cocok menggunakan partisi renda motif kawung yang satu ini.

Motifnya yang sederhana sangat cocok dengan konsep eco-friendly pada kantor atau ruangan kerja yang di dalamnya banyak terdapat tanaman hias.

Tak hanya ruangan kecil, ruangan yang besar atau cukup tinggi juga cocok menggunakan partisi yang satu ini.

Dibandingkan warna putih, warna cokelat kehitaman jauh lebih cocok dengan konsep kantor maupun bank.

9. Panel PVC Hijau

Panel PVC Hijau

Tak hanya warna cokelat dan putih, panel PVC untuk pembatas ruangan juga bisa dibeli dalam berbagai warna, seperti warna hijau.

Warna ini cocok sekali dengan ruangan minimalis yang membutuhkan sekat tidak terlalu rapat. Pemilihan motif yang cocok akan membuat ruangan terasa lebih santai.

Sekat ini bisa dipasang antara ruang kerja di rumah dengan ruang tengah atau ruangan kantor pun bisa menggunakan partisi ini.

Beberapa desain pembatas ruangan dari PVC di atas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau konsep yang akan diusung dalam ruangan Anda.

Leave a Comment