Beberapa Bahan Untuk Membuat Partisi Dinding Ruangan

Bahan Untuk Membuat Partisi – Untuk kamar besar dan terbuka atau apartemen studio, penting untuk mengetahui cara membagi sebuah ruang. Partisi ruangan dapat hadir dalam berbagai bentuk dan gaya yang dapat di desain dengan mengikuti perkembangan zaman.

Dengan dinding partisi yang fungsional ini dapat membuat tampilan rumah Anda jauh lebih menarik dan memiliki nuansa yang nyaman, selain itu juga menciptakan lebih banyak sudut dan celah untuk difungsikan.

Partisi di interior rumah digunakan untuk memisahkan satu ruangan dan untuk menciptakan rasa privasi. Partisi yang dirancang dengan baik dari bahan yang tepat pasti akan membuat ruangan Anda terlihat cantik dan fungsional. Berikut beberapa pilihan partisi ruangan berdasarkan bahan utamanya.

bahan untuk membuat dinding partisi

1. Partisi kayu

Saat ini, partisi kayu banyak digunakan dalam bentuk kisi-kisi vertikal, panel atau pola. Bahannya pun bervariasi dari kayu solid hingga kayu olahan seperti triplek atau material komposit seperti MDF (Medium Density Fibreboard) yang lebih terjangkau dibandingkan partisi kayu solid.

Baca juga : Kelebihan bahan PVC untuk dinding partisi

2. Dinding bata

Material partisi yang paling umum di banyak rumah adalah dinding bata. Dinding jenis ini tidak hanya kokoh tetapi juga memiliki isolasi suara yang baik. Saat dinding bata diekspos, itu bisa menjadi elemen estetika yang menarik. Dinding bata ekspos juga bisa diatur dengan pola tertentu untuk menciptakan gaya artistik yang lebih eye catching.

3. Material Fiber

Seperti halnya dengan kaca, tetapi tampilannya terlihat lebih halus dan sedikit buram. Material Fiber ini bersifat elastis, mudah dipotong dan dijadikan ornament, serta mudah untuk dibersihkan. Sekilas bahan fiber mirip dengan kaca. Material Fiber merupakan gabungan antara bahan pasir kuarsa dan juga bahan sintetis yang lain.

Ciri material fiber adalah bentuknya yang lentur. Manfaat lainnya, material fiber ini bisa dengan mudah dipotong dan dibentuk menjadi berbagai bentuk ornamen. Selain itu sekat ruangan dari fiber mudah dibersihkan. Kamu juga bisa mengombinasikan sekat fiber dengan tata cahaya.

4. bahan untuk membuat partisi Gipsum

Kalian bisa menempelkan material gipsum ini pada sebuah rangka seperti metal maupun kayu. Dengan menggunakan penyekat gipsum bisa dibentuk sesuai kebutuhan dan bisa dijadikan tempat storage.

Rumah-rumah di Indonesia kini banyak yang menggunakan material gypsum. Material gipsum merupakan salah satu material favorite yang paling banyak digunakan.

Yang harus dipersiapak sebelum menempelkan sekat, kalian harus membuat rangka sekat dari batang kayu atau metal. Keunggulan dari material ini adalah dapat dibentuk sesuai keinginan.

5. Drywall

Drywall adalah alternatif dinding bata yang terjangkau. Sebagai material partisi, drywall umumnya hadir dalam bentuk papan modular yang sudah jadi. Selain harganya yang terjangkau dan perawatan yang rendah, pemasangan drywall juga relatif mudah dan cepat.

Anda bisa mengaplikasikan finishing dalam berbagai warna. Meskipun drywall banyak digunakan untuk ruangan kering di masa lalu, ada banyak jenis drywall yang tersedia belakangan ini yang tahan terhadap kelembapan dan kelembapan hingga dapat digunakan bahkan untuk dinding kamar mandi.

6. Partisi baja

Partisi baja dengan beberapa transparansi dapat membagi ruangan sambil memastikan koneksi. Bentuk sekat baja pun bermacam-macam, tergantung kreativitas desainernya. Perkembangan teknologi potong laser memperkenalkan berbagai pola rumit yang dapat meningkatkan estetika ruangan.

7. Partisi kaca

Nuansa interior kontemporer kini dapat dengan mudah dicapai dengan memasang partisi kaca. Secara umum, kaca pertama kali diperbaiki dalam bingkai sebelum dipasang sebagai partisi, tetapi ada banyak partisi kaca tanpa bingkai yang tersedia saat ini. Anda harus memilih kaca temper atau kaca laminasi yang tahan tekanan dan benturan.

8. Aksen Permadani

Tentu saja, kain selalu menjadi pilihan tepat saat Anda membuat partisi ruangan Anda sendiri. Gorden, permadani, atau potongan kecil yang Anda sukai, akan memberi ruang tampilan yang kasual dan funky tanpa banyak keributan.

9. Logam

Metal bisa menjadi sahabat Anda dan partisi ruangan ini bisa menjadi desain yang sempurna agar sesuai dengan rumah Anda. Detail bunga ini memiliki sentuhan feminin namun maskulin namun tetap memberikan area kelonggaran yang tepat.

10. Walnut

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan kayu yang indah untuk membagi rumah Anda yang besar dan terbuka? Itu juga dapat menciptakan tampilan yang unik tetapi dengan fitur yang lebih tradisional

11. Partisi Tiang Baja

Partisi tiang baja adalah Partisi ruangan yang simple dan praktis dengan menggunakan beberapa tiang baja sebagai penyekat antar ruangan. Minimalis terbuka atau sekat yang tetap terbuka ini tidak menghalangi flow ruangan namun memberikan sentuhan yang tidak biasa dengan menambahkan box kayu sebagai rak kabinet.

Rumah dengan gaya minimalis tidak akan menjadi hambatan untuk tidak menghadirkan partisi ruangan yang memiliki fungsio yang optimal. Didukung pemilihan bahan material yang tepat, partisi ruangan akan memberikan kesan ruangan yang lebih atraktif sekaligus sebagai elemen dekoratif.

12. Partisi Aluminium Composite Panel (ACP)

Alumunium Composite Panel atau ACP merupakan panel yang terbuat dari lapisan inti polyethylene yang datar dan halus diantara dua buah aluminium. Dinding interior ruangan merupakan salah satu media yang bisa diimplementasikan, material ACP juga bisa diterapkan sebagai pelapis partisi dinding antar ruangan agar dapat terlihat lebih menarik.

Meskipun material ACP ini diterapkan sebagai pelapis partisi ruangan kamar tidur yang tetap memberikan privasi secukupnya tanpa menimbulkan kesan kaku sama sekali. Tekstur kayu pada Partisi ACP dapat menghasilkan kesan hangat pada ruangan. Partisi dengan bahan ACP tepat bagi Anda yang menginginkan partisi ruangan yang elegan dengan menghadirkan tekstur kayu namun juga berkesan modern.

13. Bahan PVC

Untuk material bahan pvc ini mempunyai banyak kelebihan, selain memiliki hasil yang rapi juga memberikan kesan minimalis pada pembatas ruangan. Untuk kebutuhan bahan ini anda bisa memesan melalui partisi pireki untuk kebutuhan sekat ruangan anda.

Leave a Comment