Mengenal Bahan PVC

Jika Anda mencari material kain tahan lama, tahan cuaca, dan mudah dibersihkan untuk kapal, teras, tenda, atau bahkan rumah Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bahan PVC atau Vinyl. Vinyl tersedia dalam berbagai jenis, tekstur dan warna dan dirancang untuk berbagai kegunaan, semua dengan daya tahan yang sama. Pada Fitur Kain hari ini, kita akan melihat lebih dekat pada kain sintetis yang sangat kuat ini.

Sedikit Sejarah Awal

Polivinyl chlorida (atau PVC) pertama kali dibuat pada tahun 1872 oleh seorang ahli kimia Jerman, Eugen Baumann. Baumann tidak pernah mematenkan penemuannya dan karena itu PVC tidak pernah dipatenkan sampai tahun 1913 ketika seorang Jerman lainnya, Friedrich Klatte, menemukan metode baru untuk polimerisasi bahan PVC menggunakan sinar matahari.

PVC atau vinyl sebagian besar dianggap tidak berguna, sampai tahun 1926 ketika seorang peneliti di BF Goodrich, Waldo Semon secara tidak sengaja menemukan polibahan PVC klorida terplastis. Semon mencoba membuat perekat untuk mengikat karet ke baja ketika dia menemukan versi baru dan lebih baik dari PVC sebagai gantinya.

Vinyl pertama kali digunakan dalam seal shock absorber dan semakin populer selama Perang Dunia II ketika karet langka. Ini bekerja dengan sangat baik sebagai penutup kawat di kapal Angkatan Laut sehingga para peneliti mulai mengembangkan aplikasi komersial untuk bahan PVC. Saat ini, sekitar 60% bahan PVC yang diproduksi digunakan oleh industri konstruksi, tetapi juga digunakan untuk pengemasan, transportasi, dan tekstil.

Seperti apa bahan PVC?

Dalam kehidupan sehari-hari, PVC atau Polivinil Klorida merupakan salah satu bahan yang digunakan secara luas untuk berbagai fungsi dan kegunaan. Baik di kantor, rumah, hotel, ataupun tempat gedung aula sekalipun. Kalian bisa mendapatkan berbagai macam produk vinyl dengan mudah di toko-toko yang nantinya digunakan untuk kebutuhan konstruksi, fesyen, furniture, hingga mainan.

Kelebihan

  • Tahan air
  • Tahan cuaca
  • Tahan UV
  • Tahan Pudar
  • Tahan lama
  • Kekuatan & Peregangan Luar Biasa
  • Ketahanan Abrasi Yang Sangat Baik
  • Mudah untuk dibersihkan

Kekurangan

PVC atau vinyl bisa jadi rumit untuk dijahit, terutama untuk pemula, karena vinyl cenderung macet saat dimasukkan ke dalam mesin jahit. Selain itu, jika terjadi kesalahan dan Anda merobek jahitannya, lubang jahitan akan tetap terlihat. Lubang jahitan menjadi masalah sebagian besar adalah pilihan pribadi, karena ini akan lebih mengganggu beberapa saluran pembuangan daripada yang lain. Untuk membantu menjahit vinyl secara merata tanpa lengket, coba gunakan mesin jahit dengan kaki berjalan.

Kelemahan lain dari bahan PVC adalah beberapa bahan PVC terasa seperti plastik dan tidak bernapas dengan baik, membuatnya lengket dan panas untuk diduduki. Hal ini dapat dihindari dengan mengeluarkan uang lebih banyak untuk vinyl berkualitas lebih bagus dan juga dengan memilih produk bahan PVC yang tepat untuk aplikasi yang tepat. Cari bahan PVC yang direkomendasikan untuk tempat duduk jika itu penggunaan yang diinginkan.

Macam-macam Jenis PVC

Bahan PVC adalah kelompok kain yang sangat beragam dan satu bahan PVC bisa sangat berbeda dari yang lain. Karena alasan ini, bahan PVC sering diklasifikasikan ke dalam kelompok atau “nilai” berdasarkan tujuan penggunaannya.

Bahan PVC untuk Plafon

Dalam suatu hunian pastilah ada plafon yang berfungsi sebagai atap. Plafon sendiri mempunyai banyak macamnya, mulai dari plafon gypsum, plafon kayu, plafon metal, plafon triplek, plafon esbes, hingga plafon pvc atau vinyl ini. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan jika menggunakan bahan vinyl ini diantara kelebihannya yaitu materialnya ringan dan tahan terhadap rayap.

Bahan PVC untuk Furniture

meubel bahan pvc

Bahan Vinyl untuk furnitute saat ini menjadi ramai digunakan dikalangan interior untuk finishing furniture. vinyl ini juga sering digunakan dan dikembangkan untuk kebutuhan lain misalnya, dikembangkan untuk digunakan di lingkungan laut sebagai pelapis pada perahu, tenda, dan bahkan furnitur luar ruangan.

Vinyl ini dibuat agar tahan lama, tahan terhadap abrasi dan jamur, dan tahan luntur. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menahan perubahan suhu yang ekstrim dan kejadian cuaca. Jika desainnya sesuai, vinylkelas laut juga sering digunakan dalam aplikasi komersial, rumah sakit, dan rumah.

Bahan Vinyl untuk Tas

tas bahan vinyl

Berbagai macam bahan vinyl saat ini banyak digunakan untuk kebutuhan fashion. Salah satu contohnya yaitu produk tas yang dengan harga murah sudah bisa terlihat mewah seakan akan tas kulit asli.

Matrial vinyl lainnya termasuk Kelas Otomotif, yang mirip dengan Kelas Kelautan tetapi juga memenuhi standar ketat untuk keamanan otomotif dan sering dirancang untuk meniru kulit dan vinyl sebagai bahan Dekorasi. Dekorasi bahan vinyl sebagian besar untuk digunakan di rumah dan sering meniru kulit paten, kulit ular, atau buaya. Vinyl ini juga sering digunakan untuk tas tangan dan pakaian hujan.

Leave a Comment