Kelebihan dan Kekurangan HPL

Kelebihan dan Kekurangan HPL – Tingginya harga dan kurangannya stock bahan kayu saat ini dan juga permintaan bahan kayu yang selalu meingkat membuat HPL menjadi salah satu alternative yang paling populer sebagai bahan finshing untuk produk dekorasi interior dan mebel furniture.

Apa Itu HPL (High Pressure Laminate)?

kelebihan hpl

High Pressure Laminate, singkatnya HPL, adalah bahan yang termasuk dalam kelompok teknologi tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing yang sering kita jumpai dalam berbagai produk furniture, flooring dan permukaan interior. HPL ini berfungsi sebagai penutup permukaan untuk, meja, kitchen set, cabintets, dekorasi interior dan lain sebagainya.

HPL diproduksi oleh berbagai lapisan serat teknis selulosa, dari kayu muda, diikat dengan resin fenolik (bagian atas yang menghadap ke luar ditutupi dengan selulosa yang diresapi dengan resin yang mengeras panas) yang, tunduk pada tekanan dan suhu tinggi, mencapai sangat kompak. lembaran komposit yang memiliki karakteristik luar biasa dan durasi yang lama, terutama menonjolkan ketahanannya yang luar biasa terhadap benturan dan goresan.

Kelebihan dan Kekurangan HPL

HPL telah menjadi produk populer yang banyak digunakan dalam industri furnitur dan konstruksi. Mengapa? Karena laminasi compact bertekanan tinggi memiliki sifat dan karakteristik yang menarik di bawah ini. Beberapa di antaranya secara substansial meningkatkan manfaat yang ditawarkan oleh produk alternatif lain. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan HPL yang perlu kalian ketahui:

1. Tahan Gores dan Kuat

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya kita gunakan untuk melapisi furniture murah yang kita beli pada toko-toko furniture biasa.

Lapisan pelindung yang membentuk ubin HPL memungkinkannya menjadi bahan yang sangat tahan terhadap goresan dan benturan kuat sehingga mempertahankan kecerahan dan kilapnya lebih lama daripada bahan lainnya.

2. Kedap Udara

Manfaat penting lainnya sehubungan dengan ketahanan pada laminasi tekanan tinggi HPL adalah bahwa ini adalah produk yang sangat kedap udara karena sepenuhnya mencegah infiltrasi air atau cairan lain di bawah lapisan permukaan. Penyerapan air dan kadar air sangat rendah, oleh karena itu produk ini sangat stabil terhadap perubahan lingkungan.

3. Higienis

Laminasi bertekanan tinggi adalah salah satu produk paling higienis di pasaran. Bakteri membutuhkan nutrisi dan kelembaban untuk berkembang biak, hal ini tidak mungkin terjadi pada bahan seperti laminasi HPL. Sifatnya yang disebutkan di atas pada ketahanan kelembaban menjadikannya produk antibakteri, ditandai dengan permukaan yang sangat padat sehingga kotoran tidak dapat menembus.

4 Stabilitas Cahaya dan Ketahanan Sinar UV

Dapat ditekankan bahwa laminasi bertekanan tinggi stabil terhadap cahaya, warnanya tidak akan berubah seiring waktu dengan mempertahankan nada seragam dan homogennya. Semua ini berkat laminasi bertekanan tinggi juga memiliki stabilitas terhadap cahaya dan ketahanan terhadap sinar UV.

5. Sangat Tahan Terhadap Noda

HPL memiliki ketahanan noda yang tinggi karena konsistensi permukaannya, bahkan dianggap sebagai produk “anti grafiti”. Lembaran-lembaran kertas penyusun laminasi direndam dalam resin yang mampu membuat permukaan kedap air, sehingga kotoran tergelincir dan tidak menembus lapisan di bawahnya.

HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding. Karena material ini kita lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan proses pengerjaan yang mudah dan tidak meninggalkan sampah serta cepat.

6. Tahan Panas

Ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi. Lebih besar dari produk apa pun yang berasal dari kayu, mencapai hingga 180 ° C tanpa memburuk pada waktu yang tepat.

7. Anti-statis

Laminasi Tekanan Tinggi memiliki sifat anti-statis, yaitu tidak menarik debu: partikel yang mudah menguap di udara tidak akan mengendap di permukaan, tetapi akan mengalir hampir tanpa menyentuhnya. Kualitas yang tidak bisa diabaikan, apalagi jika ada anak-anak atau orang yang alergi di rumah.

8. Mudah Dibersihkan dan Dipelihara

Berkat beberapa fitur HPL yang telah kami sebutkan di atas, seperti tahan noda dan sifat antistatis, bahan ini sangat mudah dibersihkan dan dirawat. Untuk pembersihan sehari-hari, cukup gunakan kain lembut atau mikrofiber dan pembersih kaca, lalu keringkan dengan baik untuk menghindari goresan. Hanya produk pembersih yang sangat abrasif, basa atau sangat terklorinasi yang harus dihindari.

9. Aestetik

Perlu diketahui bahwa laminasi bertekanan tinggi dapat mereproduksi tampilan material lain seperti kayu, batu alam, marmer, granit, kuarsa, dan keramik. Dan itu bisa mengadopsi finishing buram, mengkilap atau satin, serta mensimulasikan berbagai warna dengan tekstur dan model yang berbeda. Anda akan memiliki kemungkinan tak terbatas untuk dipilih, memuaskan selera Anda tanpa batasan.

10. Ekonomis

Ini dapat dengan mudah dikerjakan, meskipun bahan pengencang harus spesifik untuk material. Kepadatan dan kekerasannya dapat mempercepat keausan gergaji. Jadi fitur lain dari lantai laminasi adalah kenyamanan ekonomi. HPL berkualitas tinggi seperti Ubin Laminasi Tekanan Tinggi yang ditawarkan oleh Huiya tidak membuat iri kayu dan memiliki rasio kualitas / harga yang tidak ada duanya.

11. Ramah Lingkungan

HPL juga berlaku dari sudut pandang lingkungan jika diproduksi oleh perusahaan yang serius, yang menghormati aturan penggunaan produk tidak berbahaya. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, High Pressure Laminate terbuat dari inti serat kayu, ditutup dengan lembaran kertas yang dibasahi resin. Resin yang digunakan bersifat biokompatibel, sedangkan dekorasi yang memungkinkan dibuat dengan tinta dan pigmen yang tidak berbahaya bagi kesehatan.