Tips Mudah Membuat Peredam Suara Ruangan

Peredam Suara Ruangan – Di dunia yang semakin sibuk dan berisik ini, kita semua membutuhkan sedikit kedamaian dan ketenangan, terutama di rumah kita sendiri. Kedap suara ruangan dapat membantu memblokir kebisingan lalu lintas, sirene, pesawat terbang, klakson klakson, dan kebisingan luar ruangan lainnya. Dan jika kebisingan berasal dari dalam ruangan, seperti sistem suara yang keras, televisi, atau latihan band, peredaman suara dapat mencegah raket mengganggu kehidupan rumah Anda.

Apa saja alternatif peredam suara ruangan yang mudah untuk digunakan?

Berikut beberapa cara untuk membuat ruangan kedap suara, termasuk beberapa tip yang sangat sederhana dan teknik yang lebih canggih, yang mencakup produk penyerap suara.

Pengupasan Cuaca Pintu Pintu depan

Pintu interior biasanya tidak memiliki strip cuaca, tetapi menambahkan beberapa di sekeliling pintu dapat membantu meredam suara. Pengupasan cuaca karet busa kupas-dan-tempel membentuk segel yang sangat rapat, dan terjangkau serta mudah dipasang. Juga, pasang penyapu pintu atau penghenti aliran bawah pintu ke bagian bawah pintu untuk menutup celah di sepanjang lantai.

Permukaan keras memantulkan dan memperkuat suara. Sebaliknya, permukaan yang lembut menyerap suara, membuat ruangan jauh lebih tenang. Tutupi dinding dengan selimut tebal, bantalan bergerak, permadani atau selimut. Pilihan lainnya adalah memasang panel penyerap suara ke dinding; sedikit terlihat seperti industri, tetapi merupakan bahan peredam bising yang unggul. Bahkan ada wallpaper kedap suara yang tersedia untuk kamar yang tenang.

Lantai Kayu

Jika lantai ruangan dilapisi kayu, ubin, vinyl, atau bahan keras lainnya, letakkan permadani untuk membantu menyerap suara. Dan atur permadani pada bantalan ekstra tebal untuk perlindungan suara tambahan.

Setiap peralatan yang berguncang, bergetar, atau berguling menghasilkan getaran yang dapat memindahkan kebisingan ke ruangan lain. Ini termasuk barang-barang seperti, speaker, peralatan, dan perlengkapan olahraga. Untuk meredam getaran dan menenangkan ruangan, letakkan barang di atas busa tebal yang tebal.

Menggunakan Tirai Sebagai Peredam Suara Ruangan

Cara termudah untuk memblokir kebisingan jendela adalah dengan menutupi jendela dengan selimut tebal; itu tidak terlalu menarik, tapi berhasil. Pilihan yang lebih baik dan lebih menarik adalah memasang tirai pengurang kebisingan. Tirai tebal dan berat ini dirancang khusus untuk menghentikan kebisingan, dan juga berfungsi ganda sebagai tirai anti tembus pandang untuk mencegah sinar matahari.

Jika metode yang disebutkan di atas tidak secara signifikan mengurangi kebisingan jendela, pertimbangkan untuk meningkatkan ke sisipan jendela. Panel kaca bening yang dibuat khusus ini dipasang ke bagian dalam jendela yang ada dan berfungsi dengan sangat baik dalam memblokir kebisingan.

Peredam Suara Ruangan Dengan Rak Buku

Menambahkan massa ke sebuah ruangan dapat membantu menyerap suara, dan salah satu cara praktis untuk menambah massa adalah dengan membangun unit rak dari lantai ke langit-langit dan mengisinya dengan buku dan majalah.

Drywall

Tutupi dinding dan langit-langit yang ada dengan lapisan ekstra drywall setebal ½ inci, kencangkan dengan dempul peredam suara khusus yang disebut senyawa peredam. Teknik ini membutuhkan kerja keras, jadi pertimbangkan ketika semuanya gagal.

Install Resilient Channels

Salah satu cara terbaik untuk membuat ruangan kedap suara adalah memasang saluran tahan, yaitu strip logam berbentuk Z yang berada di antara tiang dinding dan drywall. Saluran fleksibel dan kenyal menciptakan apa yang dikenal sebagai dinding berpisah, dan secara efektif menghentikan gelombang suara melewati dinding.

Sekarang, karena saluran yang tahan harus disekrup langsung ke tiang, saluran tersebut tidak praktis untuk ruangan yang ada, kecuali Anda ingin melepas semua dinding gipsum. Namun, saat membangun rumah baru atau menambahkan ruangan ke rumah yang sudah ada, saluran yang tahan banting terjangkau, cepat dan mudah dipasang, dan efektif untuk menjaga ketenangan.