8 Ide dan Desain Pintu Ruang Masuk Rahasia

Pintu ruang rahasia telah digunakan selama berabad-abad, bertindak sebagai lorong pribadi yang tidak diketahui oleh rumah tangga yang lebih luas dan kemungkinan untuk mengintip.

Pintu masuk terselubung ini mampu menjaga kekayaan, serta hanya memberikan sedikit keamanan bagi penghuni ruangan, dan terus menjanjikan hal yang sama hingga hari ini.

Pintu tersembunyi adalah kesempatan Anda untuk sedikit berkreasi dengan kerahasiaan Anda, terlepas dari apa yang ada di baliknya.

Rak buku pintar dengan kait “tipuan”, panel dinding, dan bahkan peralatan rumah tangga built-in semuanya dapat menyembunyikan ruang suci, memberikan hiburan dan intrik tanpa akhir bagi para tamu dan pemilik.

Banyak desain pintu tersembunyi yang tampaknya mudah dipasang, menampilkan sejumlah komponen tambahan yang sesuai dengan ruang dan kebutuhan Anda. Satu hal yang pasti: rumah Anda akan menjadi perwujudan dari ungkapan “lebih dari yang terlihat.”

Dari markas Batman hingga makam orang Mesir kuno, ada sejumlah inspirasi di balik pintu tersembunyi.

Apakah Anda ingin menambahkan sedikit kesenangan dan misteri ke tempat tinggal Anda atau tertarik pada pengasingan dunia lama, ide pintu tersembunyi ini adalah pelarian Anda dari yang sudah jelas dan merupakan pendekatan yang menyenangkan tanpa akhir.

1. Ide Pintu Ruang Rahasia dengan Rak Buku

Ini adalah salah satu metode tradisional untuk membuat pintu tersembunyi. Anda mungkin pernah melihat rak buku besar yang memenuhi seluruh dinding.

Lalu ada satu bagian yang secara ajaib terbuka untuk membuka ruangan tersembunyi. Pilihan lainnya adalah memiliki rak buku seukuran pintu yang terpasang di dinding tetapi rak buku ini sebenarnya adalah pintu yang bisa Anda buka dan jalani.

Satu hal yang akan Anda perhatikan tentang semua rak buku ini adalah bahwa rak buku tersebut rata dengan bagian dinding lainnya. Ini memudahkan untuk memasang engsel tersembunyi di bagian belakang sehingga pintu terbuka ke dalam menuju ruangan tersembunyi.

2. Ide Pintu Tersembunyi untuk Dinding Panel

Kecemerlangan di balik pintu berpanel yang tersembunyi adalah bahwa Anda mungkin sedang menatapnya dan bahkan tidak menyadarinya. Bagi pengamat yang tidak tahu, tembok itu tampak seperti tembok yang tidak terputus-putus.

Jenis pintu tersembunyi ini sedikit lebih mudah karena Anda dapat menggunakan pintu standar yang kemudian akan Anda tutupi dengan panel.

Langkah pertama Anda adalah memilih dinding yang ingin Anda tutupi dengan panel. Hapus semua trim yang ada di sekitar pintu. Anda ingin membuat kanvas halus di seluruh dinding dan pintu. Kemudian pilih bahan panel Anda.

Tampilan ini bekerja dengan baik pada rumah bergaya modern karena berpadu dengan tampilan yang ramping dan minimalis.

3. Ide Pintu Tersembunyi untuk Dinding Coffered dan Wainscot

Meskipun memiliki panel halus terlihat bagus, mereka mungkin tidak sepenuhnya menyamarkan pintu. Di sinilah wainscoting menjadi berguna. Secara tradisional, lis dinding digunakan di bagian bawah dinding untuk menyembunyikan bukti kelembaban yang meningkat. Hari-hari ini, itu murni hiasan.

Ide Pintu Tersembunyi untuk Dinding Coffered dan Wainscot

Ada lima jenis wainscoting; beadboard, overlay, panel timbul, panel datar, reng, dan papan. Jika Anda ingin dengan mudah menempelkan lis dinding ke dinding dan pintu tersembunyi, Anda dapat membeli panel pra-fabrikasi dan potongan trim lainnya. Ini akan mempercepat pemasangan.

4. Ide Pintu Kamar Mandi Tersembunyi

Salah satu ide pintu tersembunyi yang lebih populer adalah menyembunyikan kamar mandi. Menyembunyikan pintu kamar mandi dapat membuat rumah Anda terlihat lebih bersih dengan menyembunyikan pintu masuk ke ruangan kecil ini.

Ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk kamar mandi utama Anda di rumah. Ini bisa bekerja dengan baik untuk master Anda atau kamar mandi tamu yang jarang digunakan.

Satu-satunya kelemahan adalah lokasi kamar mandi Anda tidak akan mudah dibedakan dengan tamu. Hal ini dapat menyebabkan percakapan canggung tentang mereka yang bertanya dan Anda harus menunjukkan jalannya.

Tetapi jika Anda menikmati sandiwara dan misterinya, maka ini bukan masalah besar.

5. Ide Pintu Ruang Rahasia Kabinet

Pintu lemari tersembunyi dapat menyatu dengan indah ke dapur atau ruang makan Anda. Anda sudah memiliki lemari di kamar ini, jadi membuat lemari palsu yang sebenarnya adalah pintu akan relatif mudah.

Agar tampilan ini berhasil, Anda akan membuat pintunya terlihat seperti pintu lemari lainnya lengkap dengan perangkat keras yang sesuai.

Jika Anda memiliki lemari khusus, maka Anda dapat meminta tukang kayu untuk membuatkan pintu lemari sesuai ukuran yang Anda butuhkan.

Jika lemari Anda tidak sesuai pesanan, Anda dapat menciptakan kembali tampilan dengan menutup pintu standar agar terlihat seperti lemari Anda. Pastikan untuk menggunakan perangkat keras kabinet sebagai ganti kenop pintu.

6. Ide Pintu Tersembunyi untuk Palka Lantai

Tangga bisa memakan banyak ruang. Alih-alih membangun satu set tangga menuju ruang bawah tanah Anda, mengapa tidak membuat pintu rahasia di lantai Anda?

Ini memungkinkan Anda menggunakan luas persegi di atas tangga sebagai ruang lantai saat Anda tidak menggunakan tangga.

Saat membuat palka lantai Anda, perlu diingat bahwa itu akan lebih besar dari yang Anda kira. Lantai harus dibuka cukup lebar sehingga kepala Anda tidak akan terbentur saat naik atau turun tangga.

Sebagian besar akhirnya menjadi persegi panjang. Anda juga ingin mempertimbangkan memasang lengan hidrolik. Ini akan membantu Anda mengangkat pintu dengan mudah dan menutupnya dengan mulus.

Untuk meningkatkan keselamatan, pertimbangkan untuk memasang pegangan di bagian bawah pintu palka Anda.

7. Ide Pintu Tersembunyi Di Bawah Tangga

Ruang di bawah tangga Anda adalah ruang yang paling tidak terpakai dan terbuang di rumah. Bergantung pada konstruksi tangga Anda, Anda dapat mengubah ruang ini menjadi ruang bermain anak, ruang penyimpanan, kamar mandi tamu, atau kantor rumah mini.

Semua ide ini membutuhkan pintu. Tetapi memiliki pintu ke ruang di bawah tangga mungkin terlihat aneh dan tidak pada tempatnya. Menyembunyikan pintu memungkinkan Anda memanfaatkan ruang tanpa mengorbankan desain arsitektur tangga Anda.

Untuk menciptakan tampilan ini di rumah Anda, lewati pegangan pintu, dan pilih engsel pegas. Ini akan memberi Anda tampilan yang mulus.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk mengikuti garis trim Anda yang sudah ada. Artinya pintu Anda memiliki bentuk yang unik, misalnya memiliki bagian atas yang bersudut mengikuti sudut tangga.

Pertimbangkan untuk membuat pintu tersembunyi ini berayun ke luar. Mungkin tidak ada cukup ruang di bawah tangga Anda untuk membuat pintu berayun ke dalam dan masih menyisakan cukup ruang bagi Anda untuk berjalan dengan nyaman melalui pintu.

8. Ide Pintu Ruang Rahasia untuk Di Balik Karya Seni, Mural, dan Wallpaper

Sejauh ini, setiap ide yang telah kita diskusikan membuat Anda memadukan pintu dengan furnitur dan arsitektur di sekitarnya. Tapi terkadang, Anda bisa menyembunyikan pintu di depan mata.

Salah satu ide yang berani adalah melepas pintu dan sebagai gantinya memasang karya seni dari lantai ke langit-langit di engsel. Gambar akan duduk di dinding dan bukannya memerah seperti strategi bersembunyi lainnya.

Para tamu akan lewat dan mengagumi tampilan karya seni Anda yang besar dan mengesankan, tetapi Anda akan tahu bahwa itu menyembunyikan pintu masuk ke ruang tersembunyi.

Pilihan lainnya adalah menyamarkan pintu dengan wallpaper atau cat. Untuk kamuflase yang paling efektif, pilihlah wallpaper atau mural yang dilukis dengan banyak detail dan desain.

Mata akan teralihkan oleh pola dan gambar. Anda dapat memilih warna polos, tetapi Anda masih dapat melihat jahitan di sekitar pintu saat pintu ditutup.