7 Cara Merawat Pintu dari Rayap Ini Wajib untuk Dicoba

Kusen dan pintu dari material kayu memang masih menjadi favorit hingga saat ini. Namun, untuk menjaga kualitas serta tampilan artistiknya, Anda dituntut untuk tahu cara merawat pintu dari rayap.

Salah satu tantangan dalam menggunakan bahan kayu adalah karena rawan digerogoti rayap. Kalau dibiarkan, maka akan membuat kayu menjadi keropos, sehingga tidak bisa berfungsi maksimal.

7 Cara Merawat Pintu dari Rayap Paling Ampuh

Anda tertarik untuk menggunakan kusen atau pintu dari kayu, namun masih ragu karena takut akan cepat rusak akibat serangan rayap? Jangan khawatir, di bawah ini adalah trik ampuh mengatasinya:

1. Gunakan Minyak Tanah

Bahan bakar ini pernah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia sebelum maraknya penggunaan gas elpiji dan listrik. Namun, di zaman ini minyak tanah cukup langka.

Anda bisa menggantinya dengan BBM lain yang memiliki sifat dan bau serupa, seperti solar misalnya. Mengusir serangga rayap dengan solar atau minyak tanah sangat mudah.

Cukup semprotkan cairan BBM pada bagian kayu yang rawan atau telah digerogoti rayap. Supaya khasiatnya semakin ampuh, Anda bisa menambahkan campuran minyak serai juga.

2. Air Kapur Sirih

Sudah menjadi rahasia umum, kalau air kapur sirih terbukti efektif dalam membasmi rayap pada pintu kayu. Anda tinggal menyiramkannya pada area yang rawan dimakan serangga ini.

Air kapur sirih memiliki sifat panas sehingga kulit rayap yang lembut dan tipis pasti akan langsung terluka. Apabila air kapur disiram ke sarangnya, maka rayap akan langsung keluar.

3. Garam

Bumbu masakan yang wajib ada di dapur ini faktanya sangat ampuh dalam menghadapi rayap. Untuk mengusirnya, Anda cukup taburkan garam ke kayu yang jadi sarang serangga.

Cara ini tidak akan efektif apabila garam hanya mengenai bagian permukaan rayap. Karenanya, dianjurkan untuk mencampur garam dengan air dan juga tembakau asli.

Setelah itu, diamkan selama 12 jam, kemudian siramkan atau semprotkan cairan kombinasi ini pada tempat-tempat yang rawan diserbu rayap, termasuk furniture dari material kayu.

4. Gunakan Air Bekas Cucian Beras

Cara merawat pintu dari rayap selanjutnya adalah menggunakan air bekas cucian beras. Hanya saja, teknik ini bersifat sementara, sehingga Anda perlu mencari solusi lainnya.

Perlu diingat, bahwa air bekas cucian paling ampuh adalah yang pertama. Hampir sama dengan cara lainnya, Anda bisa siramkan air tersebut ke bagian pintu yang terbuat dari kayu.

5. Tembakau

Memiliki rasa pahit yang khas, bahan utama isian rokok ini ternyata juga mampu membunuh tungau maupun rayap. Dengan tembakau, maka rumah bisa bebas dari berbagai serangga.

Untuk mendapatkan manfaatnya, tentu Anda tidak bisa serta-merta menabur tembakau kering di atas sarang rayap. Anda harus mencampurnya dengan air terlebih dahulu.

Setelah didiamkan semalaman, maka sari tembakau akan sepenuhnya keluar dan menyatu dengan air. Kemudian, semprotkan cairan pada kayu atau langsung ke sarang rayap.

6. Sentricon

Untuk membasmi rayap yang sudah terlanjur bersarang jauh di dalam tanah, seperti menempel di dinding rumah, Anda bisa menggunakan sentricon untuk mengatasinya.

Sentricon terdiri atas dua alat. Alat pertama adalah umpan untuk diletakkan pada kusen/dinding yang menjadi jalur lewat rayap. Sedangkan yang kedua merupakan detektor.

Detektor ini nantinya ditanam di tanah. Di masing-masing alat sentricon Anda akan melihat sesuatu seperti tisu. Fungsinya adalah sebagai umpan bagi serangga rayap.

Namun, pada tisu tersebut terkandung enzim hormon dan heksaflumuron yang bisa menekan metabolisme rayap. Zat tersebut bisa dikatakan sangat ampuh membunuh rayap.

Cara merawat pintu dari rayap dengan sentricon cukup simpel. Setelah alat ditanam dekat pintu, rayap akan datang, memakan, lalu mendistribusikannya ke rayap di dalam tanah.

7. Termisida

Bahan kimia satu ini memang bisa menjadi cara merawat pintu dari rayap yang paling ampuh, namun kurang dianjurkan sebab beresiko menimbulkan masalah kesehatan.

Cari Tahu Juga Cara Melindungi Rumah dari Rayap

Selain memahami trik memproteksi perangkat kusen dan pintu, sebaiknya Anda juga tahu bagaimana melindungi rumah dari rayap, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Pemakaian Kayu

Kayu merupakan makanan rayap. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan kayu di area pondasi rumah. Selain itu, jangan meletakkan tumpukan kayu di bagian dalam rumah.

2. Memperbaiki Kran Air dan Pipa Bocor

Apabila menemukan kran air maupun pipa yang bocor, jangan tunggu lama untuk memperbaikinya. Keran bocor biasanya meneteskan air meskipun sedang tidak dipakai.

Hal ini akan membuat kondisi rumah menjadi lembab sehingga membuat rayap semakin betah. Di samping mencegah rayap, perbaikan keran atau pipa juga akan menghemat air.

3. Membersihkan Selokan

Rayap sangat suka pada area lembab dan berair, seperti selokan misalnya. Karenanya, selalu bersihkan selokan yang ada di samping atau depan rumah untuk menghindari rayap.

4. Merawat Komponen Kayu Secara Berkala

Selalu gunakan kayu berkualitas terbaik untuk kusen pintu, jendela, maupun furniture lain. Dengan begitu, kemungkinan material kayu dimakan rayap akan menjadi semakin rendah.

Lebih dari itu, ingatlah untuk merawat kayu secara berkala. Anda dapat membersihkannya secara teratur maupun mengoles ulang menggunakan plitur atau pernis.

5. Menjaga Kebersihan Ventilasi

Pastikan kalau lubang ventilasi selalu bersih dari berbagai kotoran. Anda dapat aplikasikan kawat kasa di lubang angin untuk mencegah masuknya serpihan ke dalam rumah.

6. Memberi Jarak pada Perabotan dan Dinding

Rayap umumnya memasuki bangunan rumah dari celah dinding. Koloni rayap bisa dengan mudah melubangi beton karena membawa jamur yang dapat mengkontaminasi benda lain.

Cara merawat pintu dari rayap dengan bahan alami maupun kimia di atas bisa menjadi alternatif solusi terbaik untuk menghindarkan kusen, maupun furniture kayu lain dari serangan rayap.

Leave a Comment