7 Cara Penataan Meja Kantor Yang Ideal

Sebagian pegawai kantoran tentu akan banyak menghabiskan banyak waktu di kantor. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan penataan meja kantor yang baik.

Meja kantor tentunya mampu memberikan pengaruh mood serta produktivitas kerja para pegawai di dalamnya. Meja kerja yang rapi dan bagus tertata, pastinya mampu mengoptimalkan kinerja.

Menata meja kantor juga tidak sulit dilakukan. Hanya saja perlu benar-benar mencermati bagaimana menempatkan suatu elemen sehingga tidak membuat meja semakin padat.

Penataan meja yang baik akan membuat pegawai kantoran tidak akan merasa jenuh. Pekerjaan juga tidak akan menumpuk apabila pegawai terus bersemangat.

Menata meja kantor ternyata sangat mudah dilakukan. Cukup perhatikan saja bagaimana langkah-langkahnya sehingga menjadikan penataan kian terarah.

1. Ubahlah Posisi Meja Kerja

Dalam menata meja kerja, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah posisinya terlebih dahulu. Aturlah meja kerja ke posisi yang baru.

Cermati setiap sudut ruangan dan temukan posisi meja kerja yang cocok. Pastikan bisa lebih nyaman dan potensial. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan rekan kerja lainnya sebelum memindahkan meja tersebut.

Jangan sampai mengusik meja kerja rekan lainnya, ya! Letakkan meja kerja di posisi yang memiliki pencahayaan pas.

Jika perlu, letakkan meja kerja tersebut tidak jauh dari jendela atau tempat yang mudah dijangkau dengan leluasa. Pastinya tidak membuat rekan kerja lainnya terusik ketika ingin kembali ke meja kerja tersebut.

2. Pastikan Kondisi Meja Selalu Rapi

Setelah memindahkan posisi meja kerja, berikutnya selalu pastikan untuk menata kondisi meja secara rapi. Mungkin ini terdengar sangat sederhana, akan tetapi seringkali banyak pegawai yang mengabaikannya.

Dengan memastikan kondisi meja selalu rapi, maka hal ini bisa membuat pegawai menjadi semakin nyaman dalam bekerja. Letakkan dokumen, catatan maupun alat tulis di tempat seharusnya.

Bila perlu bisa menyediakan tempat khusus guna menempatkan alat tulis, arsip dan dokumen tersebut. Kemudian, bagi barang pribadi bisa diletakkan di tempat khusus.

Bedakan dengan penempatan alat tulis, dokumen dan arsip lainnya. Hal ini sudah terbukti efektif untuk membuat pegawai nyaman dalam bekerja.

3. Sediakan Tempat Sampah

Agar sampah tidak berserakan dan berhamburan berantakan, maka jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah. Tidak perlu yang besar. Cukup tempatkan saja yang kecil sehingga tidak makan tempat.

Dengan menaruh tempat sampah tak jauh dari meja kerja, maka kerapiannya akan selalu terjaga dengan baik. Pegawai bisa membuang tumpukan kertas maupun sisa makanan lainnya secara praktis.

Pegawai tidak perlu lagi berdiri dan berjalan ke arah tempat sampah. Hal ini tentu akan sangat merepotkan dan makan waktu.

Tidak jarang yang justru membiarkan sampah menumpuk dan membuangnya nanti karena tempat sampah jauh. Jika dibiarkan begini terus, pasti kinerja pegawai akan terganggu.

4. Tempatkan Hiasan pada Meja Kerja

Agar kinerja semakin semangat, pegawai juga bisa menempatkan hiasan pada meja kerja. Tempatkan pajangan atau foto tertentu pada meja kerja agar mampu memberikan suntikan semangat.

Misalnya, menempatkan foto keluarga, pasangan, anak, pacar, orangtua atau foto lain yang mencerminkan momen-momen bahagia. Percayalah, ini akan sangat efektif untuk memberikan semangat.

Selain foto, stick figure dari tokoh kartun kesayangan juga bisa menjadi pajangan yang indah. Ketika melihatnya, secara otomatis akan terpacu semangat.

Meskipun terlihat sepele, hal-hal semacam ini nyatanya terbukti ampuh untuk memberikan pengaruh positif. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

5. Singkirkan Barang-Barang Tak Terpakai

Langkah penataan meja kantor berikutnya adalah dengan sesegera mungkin menyingkirkan barang-barang tak terpakai.

Cobalah periksa ulang barang-barang apa saja yang tak terpakai di meja kerja. Pilih dan singkirkan barang apa yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi.

Hindari menumpuk barang tak terpakai. Bila memang sudah tidak layak ditempatkan di atas meja kerja, sebaiknya buang saja ke tempat sampah.

Dengan menyingkirkan barang-barang tak terpakai, maka hal ini akan membuat meja kerja terasa lebih teratur, lega dan bersih.

6. Pakai Sticky Notes

Agar mempermudah mengingat hal-hal penting yang perlu dikerjakan, maka tidak ada salahnya untuk memakai sticky notes. Misalnya, jadwal rapat, presentasi, kunjungan atau to do list lainnya.

Jangan lupa untuk menata sticky notes dengan rapi, ya! Pisahkan sticy notes tersebut berdasarkan tanggal deadline atau hal mana yang perlu segera dikerjakan.

Hindari menata sticky notes secara sembarangan. Letakkan saja sejajar satu sama lainnya tanpa mengganggu elemen lainnya yang ada di atas meja kerja.

Penataan meja kantor seperti ini bisa mendukung kenyamanan pegawai selama bekerja. Bila terlupa to do list, maka bisa langsung melihat ke sticky notes.

7. Tempatkan Gadget di Posisi yang Pas

Penataan meja kerja yang bagus juga perlu memperhatikan pada bagian penempatan gadget. Seringkali benda seperti ini diletakkan secara sembarangan.

Meletakkan gadget secara sembarangan tentu akan berakibat fatal ketika tiba-tiba terlupa. Pastinya akan sangat sulit untuk menemukan keberadaannya.

Saking sibuknya mencari benda elektronik tersebut, maka fokus kerja juga bisa terganggu. Perhatian tentang pekerjaan akan teralihkan ketika sibuk mencari gadget yang hilang tersebut.

Jadi, tempatkan gadget tersebut di posisi yang pas. Dengan demikian, bisa langsung menemukannya secara mudah tanpa teralihkan karena bingung menemukannya dimana.

Penataan meja kantor pastinya sangat penting dilakukan agar kenyamanan selama bekerja bisa berlangsung dengan baik. Awali penataan meja kerja tersebut dengan langkah yang tepat.

Misalnya, mengatur posisi meja, memastikan kondisi meja selalu rapi, menyediakan tempat sampah, menempatkan hiasan, menyingkirkan barang tak terpakai dan lainnya.

Leave a Comment