7 Macam Desain Partisi Ruang Kantor untuk Privasi Terbaik

Partisi ruangan kantor tentu sangat berguna untuk kenyamanan suasana. Untuk itu, setiap perusahaan perlu memperhatikan dengan baik desain partisi ruang kantor seperti apa yang bagus diaplikasikan.

Terlebih bagi pekerja, kantor merupakan tempat dimana lebih banyak menghabiskan waktu ketimbang di rumah. Maka dari itu, sangat penting memiliki ruangan kantor yang nyaman.

Dengan menempatkan partisi ruangan, tentu akan membuat privasi antar karyawan terjaga dengan baik. Meskipun demikian, antar karyawan juga bisa tetap melakukan interaksi.

Tentunya ada begitu banyak desain partisi yang bisa dipilih. Pastikan pilihan tersebut sesuai dengan tema ruang kantor.

Terdapat begitu banyak desain partisi ruangan kantor yang bisa coba dipilih dan diterapkan dengan baik. Pastikan sesuai dengan tema serta space dari ruangan.

1. Desain Partisi Kantor dari Kaca

Desain Partisi Kantor dari Kaca

Desain partisi ruangan yang terbuat dari material kaca menjadi desain yang paling sering diterapkan di sejumlah kantor Indonesia. Biasanya desain seperti ini menggunakan material kaca sebanyak 90%.

Selain menggunakan kaca, biasanya desain partisi ruangan seperti ini akan berkombinasi dengan aluminium. Material ini nantinya akan dijadikan sebagai rangka saja.

Pilihan material kaca untuk partisi seperti ini sangat beragam. Pilih saja sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Misalnya, kaca tempered, kaca laminated, kaca es, kaca polos atau kaca refleksion.

Nah, jika tidak ingin menggunakan kerangka aluminium maka juga bisa langsung menggunakan kaca semuanya. Pastikan kerangka dan konstruksi yang dibuat sudah baik, ya!

2. Desain Partisi Kantor Model Bilik

Desain Partisi Kantor Model Bilik

Partisi model bilik seperti ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk ruang kantor. Bahkan sudah banyak yang memilih jenis partisi ini untuk diterapkan dalam ruang kantor.

Terutama kantor-kantor startup. Dengan partisi seperti ini, maka privasi antar karyawan tetap terjaga. Meskipun demikian, mereka tetap bisa berinteraksi satu sama lainnya dengan baik.

Sekat ini mampu memberikan batasan 2 sampai 4 meja sekaligus. Namun, tidak lantas membuat ruangan benar-benar tertutup rapat.

Masih ada space yang bisa digunakan untuk jalan keluar masuk karyawan. Desain partisi ruangan kantor seperti ini juga sangat direkomendasikan untuk kantor yang memiliki anggaran terbatas.

3. Desain Partisi Ruang Kantor Model Akordeon

Desain Partisi Kantor Akordeon

Desain partisi seperti ini tentu terlihat sangat bagus dan cukup umum dijumpai pada sejumlah kantor yang ada di perkotaan. Sekilas, sebetulnya partisi ruangan seperti ini cukup mirip dengan partisi ruangan bilik.

Akan tetapi, partisi ini lebih menekankan kepada komposisi duduk karyawan yang berada di dalam ruangan. Partisi ini juga umum dibuat tidak terlalu tinggi menjulang.

Partisi yang terlihat simpel ini ternyata juga tetap mampu membawa nuansa modern di dalam ruangan. Pastinya tidak akan ketinggalan zaman.

Desain partisi ruangan kantor akordeon bukan hanya bisa memberikan batasan antar ruangan saja, melainkan juga dapat dijadikan sebagai elemen keindahan dalam ruangan.

4. Desain Partisi Ruang Kantor Minimalis Modern

Desain Partisi Kantor Minimalis Modern

Ini merupakan jenis partisi yang cukup banyak dijumpai di banyak kantoran. Terlebih untuk kantoran sibuk yang setiap waktu membutuhkan interaksi antar karyawan.

Partisi seperti ini tidak mempunyai pintu sehingga bisa membuka akses yang lebih leluasa antar karyawan dalam ruangan tersebut. Namun, untuk persoalan privasi tetap bisa terjaga dengan baik.

Partisi ini mampu memberikan jeda yang cukup ideal untuk urusan kenyamanan karyawan. Sebaiknya, partisi minimalis modern ini diterapkan untuk memberikan batasan antar meja per karyawan.

Untuk pemilihan material pembuatan dan pewarnaan, maka bisa mempertimbangkan tema ruangan kantor yang ditentukan.

5. Jenis Partisi Kantor Unik

Jenis Partisi Kantor Unik

Menerapkan desain partisi unik bagi ruang kantoran juga bisa menjadi ide yang bagus. Apalagi jika enggan memberikan partisi dengan desain itu-itu saja.

Partisi dengan desain seperti ini juga umum dibuat tinggi menjulang sampai ke bagian atap. Partisi ini juga memungkinkan untuk bisa melihat ke ruang lainnya secara jelas.

Material penyusun partisi seperti ini senantiasa tetap kuat. Desain partisi ruangan unik ini ternyata juga mampu memberikan ilusi pandangan.

Ruangan dengan partisi seperti ini akan terlihat lebih luas dan lapang. Jadi, coba saja terapkan partisi dengan model seperti ini.

6. Desain Partisi Kantor Minimalis Unik

Desain Partisi Kantor Minimalis Unik

Membuat partisi ruangan seperti ini dalam kantor tentu bisa menjadi salah satu ide gemilang. Partisi ini sangat cocok untuk menyekat ruangan rapat maupun ruangan bagi divisi tertentu.

Dengan konsep minimalis unik, tentunya sekat seperti ini sangat cocok diterapkan bagi perusahaan yang mempunyai space tidak cukup luas.

Wajar rasanya jika desain partisi ruangan seperti ini banyak diterapkan bagi perusahaan-perusahaan startup yang ada di Indonesia.

Ketika menerapkan desain seperti ini, pastikan mencermati bagian temanya dengan baik. Berikan sentuhan warna-warna segar dan kalem sehingga tetap mampu memberikan nuansa nyaman dan indah.

7. Desain Partisi Kantor Kedap Suara

Desain Partisi Kantor Kedap Suara

Desain partisi ruangan kantor yang sangat direkomendasikan untuk kenyamanan privasi tingkat tinggi adalah partisi dengan kemampuan kedap suara. Mungkin bisa memilih gypsum sebagai material utama.

Hal ini karena gypsum mempunyai keunggulan kedap suara yang tinggi. Gypsum merupakan material yang memiliki fungsi akustik.

Bahkan material ini sangat tahan terhadap api serta guncangan apapun termasuk gempa. Wajar saja jika banyak yang memilih material gypsum sebagai bahan utama pembuatan partisi.

Ruangan dengan partisi seperti ini sangat memungkinkan untuk meredam pembicaraan atau diskusi di dalamnya. Jadi, informasi yang tengah didiskusikan tidak akan sampai bocor keluar.

Desain partisi ruangan kantor tentu perlu mendapatkan perhatian yang tinggi. Terlebih jika ingin menciptakan ruangan yang nyaman dan tetap menjunjung tinggi privasi karyawan di dalamnya.

Leave a Comment