7 Manfaat Sekat Ruang Kelas Berdasarkan Jenisnya

Demi menyiasati ruang kelas agar terlihat rapi, maka perlu memberikan sekat tertentu. Manfaat sekat ruang kelas bukan hanya bisa membuat ruangan kian rapi saja melainkan juga bisa tertata dengan baik.

Partisi atau sekat ruangan tentu jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan membuat batasan dengan tembok. Terlebih pembatas dengan tembok bersifat permanen.

Tentu pembatas seperti itu tidak bisa diubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Padahal ruang kelas juga sering dimanfaatkan untuk berbagai macam acara.

Misalnya, rapat, diskusi kelompok besar, acara keagamaan antar kelas dan sebagainya. Maka dari itu, penting sekali memberikan sekat ruang kelas ketimbang membangun tembok sekat.

Sekat ruang kelas tentu sangat penting untuk memberikan batasan antar kelas. Sekat kelas pastinya sangat bermanfaat. Manfaat tersebut juga tergantung dari jenis-jenis material pembuatan sekat.

1. Sekat Ruang Kelas Kaca

Sekat kaca merupakan jenis partisi ruangan yang menawarkan daya tarik visual tersendiri dibandingkan dengan sekat jenis lainnya. Sekat yang terbuat dari kaca tidak jarang diaplikasikan ke berbagai ruang kelas.

Sekat berbentuk transparan seperti ini sangat memungkinkan untuk bisa memperbesar ruangan secara visual tanpa menghalangi masuknya cahaya alami yang berasal dari matahari.

Terlebih saat ini sudah banyak sekat kaca yang dibuat dengan sentuhan teknologi terbaik. Hal ini sangat memungkinkan ketebalan maupun keamanan kaca terjaga dengan maksimal.

Tidak perlu khawatir lagi menggunakan sekat dari kaca. Selain cantik dilihat, sekat kaca juga bisa diandalkan dari segi kekuatan.

2. Sekat Ruang Kelas Kayu

Tidak jarang partisi ruang kelas yang terbuat dari material kayu. Manfaat sekat ruang kelas yang terbuat dari kayu juga tidak kalah bagusnya dari jenis partisi lain.

Bahkan sekat dari material kayu tulen juga bisa sekaligus dijadikan sebagai dekorasi ruangan yang cantik. Tidak kalah dari sekat kaca, sekat dari kayu juga mampu memberikan suguhan visual memukau.

Sekat ruangan dari material kayu juga bisa dengan mudah disusun rapi dan mendetail. Ruang kelas juga bisa terasa sangat nyaman untuk melakukan proses pembelajaran.

Wajar sekali rasanya jika banyak yang menggunakan sekat seperti ini sebagai batasan untuk ruang-ruang kelas. Baik dari kelas preschool sampai jenjang SMA, banyak yang menggunakan sekat seperti ini.

3. Ruang Kelas Sekat Gypsum

Gypsum rupanya juga banyak dijadikan sebagai material pembuatan sekat ruangan. Sekat ruangan yang terbuat dari gypsum bisa terlihat sangat bagus dan rapi.

Sekat dari gypsum bisa dibuat dengan berbagai bentuk serta desain. Cocok sekali bagi ruang kelas yang penataannya ingin dibuat dengan tema-tema tertentu sehingga tidak ketinggalan zaman.

Sekat yang terbuat dari gypsum ini juga bisa ditempeli stiker dinding dengan mudah. Jadi, apapun tema ruang kelas nantinya bisa terealisasi dengan gampang jika mengaplikasikan sekat gypsum.

Sudah banyak sekolah-sekolah swasta yang menggunakan alternatif ini untuk ruang kelas mereka. Pastinya tidak akan memudarkan kesan elegan dan mewah dari ruang kelas.

4. Ruang Kelas Sekat Lipat

Seringkali partisi atau sekat ruangan berbentuk lipat menjadi pilihan yang bersifat primary. Hal tersebut karena sekat lipat bisa ditutup dan dibuka secara mudah.

Terlebih ketika ingin memiliki ruang kelas yang bisa memberikan space penuh bagi ruangan. Sekat lipat untuk ruang kelas juga memiliki desain yang beragam.

Tinggal pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan. Meskipun bisa mudah dilipat, namun sekat ruangan seperti ini juga bisa menjawab kebutuhan privasi ruangan dengan baik.

Manfaat sekat ruang kelas seperti ini tentu akan terasa sangat maksimal untuk jenjang pendidikan sekolah dasar. Bahkan, banyak sekali ruang kelas SD yang mengaplikasikan desain sekat ruangan ini.

5. Sekat Ruang Kelas Sliding

Sekat sliding juga menjadi salah satu jenis sekat favorit untuk ruang kelas. Model sekat ruang seperti ini terbilang jauh lebih universal dibandingkan dengan sekat lainnya.

Tentunya sekat sliding juga sangat cocok untuk berbagai macam situasi dan kondisi ruang kelas. Privasi antar ruangan juga masih bisa terjaga dengan baik.

Cukup kondisikan saja dengan tema ruang kelas yang diinginkan. Sekat sliding seperti ini sangat direkomendasikan untuk ruangan dengan skala kecil.

Misalnya, ruang kelas untuk jenjang sekolah dasar. Ruangan kelas tersebut akan tampak lebih luas dan lapang karena adanya sekat ini.

6. Sekat Ruang Kelas Fiber

Alternatif lain jika tidak ingin menggunakan sekat dari kaca adalah sekat dari material fiber. Bentuknya mirip kaca namun sifatnya tidak serupa dengan kaca.

Fiber adalah jenis material yang terbuat dari pasir kuarsa serta bahan sintesis lainnya. Hal ini membuat sekat fiber memiliki bentuk sangat lentur dan cantik.

Sekat ini juga sangat mudah dibersihkan serta begitu cocok diaplikasikan untuk menjaga privasi ruangan yang berdesain minimalis. Sekat ini akan memberikan kesan luas bagi suatu ruangan secara maksimal.

Terlebih jika di dalam ruangan kelas ditempatkan pencahayaan yang tepat. Tentunya ruang kelas akan terasa semakin nyaman ditempati karena space menjadi sangat luas.

7. Sekat Ruang Kelas Bambu

Jangan salah, sekat yang terbuat dari material bambu juga bisa diaplikasikan untuk suatu ruang kelas. Manfaat sekat ruang kelas dari material bambu juga sangat bagus.

Salah satunya agar memberikan nuansa ruangan yang lebih natural. Barisan bambu yang dijajarkan maupun didesain sedemikian rupa tentu mampu menciptakan sekat yang indah.

Pastinya juga amat kokoh. Selain terlihat sangat natural, sekat dari material bambu juga mampu memberikan suasana hangat bagi ruangan. Terlebih jika memberikan pewarnaan yang tepat.

Jika ingin divariasikan, maka sebaiknya cobalah mengkolaborasikan material bambu tersebut dengan material lainnya. Nantinya hal ini bisa menghasilkan sekat ruang yang istimewa.

Manfaat sekat ruang kelas sangat beragam. Hal ini juga menyesuaikan dengan material pembuatannya dan jenisnya. Sekat ruangan tentu sangat penting untuk menjaga privasi di dalam ruangan dengan baik.

Leave a Comment