7 Pilihan Desain Ruang Aula Hotel Terbaik Bisa Ditiru

Desain ruang aula hotel sangat penting diperhatikan oleh pemilik hotel. Apalagi aula hotel kerap digunakan untuk mengadakan berbagai macam acara.

Terlebih hotel-hotel yang ada di wilayah perkotaan. Aula hotel bisa dijadikan tempat untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan, acara ulang tahun, pertemuan, perjamuan dan sebagainya.

Desain ruang aula untuk hotel juga sangat beragam. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan atau tema hotel tersebut.

Baik desain mewah, minimalis, modern maupun ala luar negeri tentu sama bagusnya. Jangan lupa aplikasikan desain tersebut secara total.

Ada begitu banyak acara yang bisa dilangsungkan di aula hotel. Mulai dari meeting, seminar, prom night, pemotretan, resepsi pernikahan, acara ulang tahun, perjamuan dan lainnya.

Maka dari itu, sebagai pemilik hotel perlu benar-benar memperhatikan seperti apa desain ruang aula hotel terbaik. Jika bingung, cermatilah rekomendasi desain ruangan tersebut seperti berikut.

1. Desain Aula Hotel Mewah

Desain Aula Hotel Mewah

Apabila pemilik hotel ingin mengusung konsep mewah, maka bisa menerapkan desain aula seperti ini. Desain ini tentunya membutuhkan penempatan sejumlah elemen yang mampu memberi kesan elegan.

Misalnya, menempatkan pencahayaan ke sekeliling ruangan, menempatkan ornamen tertentu di bagian atap tengah ruangan hingga memberikan partisi yang terbuat dari material gypsum.

Kombinasikan juga warna gold dan putih agar semakin memperlihatkan kesan mewah. Begitu juga pada bagian lantainya.

Jadi, ketika pencahayaan mulai menerangi ruangan maka bagian lantai yang tersorot seakan-akan berkilau bak emas.

2. Desain Aula Hotel Modern

Desain Aula Hotel Modern

Desain ruang aula hotel mengacu pada gaya populer sejak awal sampai pertengahan abad ke 20. Style ruangan seperti ini merupakan perpaduan pada abad tersebut.

Style aula seperti ini menggabungkan konsep industrial dan modern khas abad ini. Ruangan aula seakan-akan terlihat lebih simpel, bersih, stylish, fungsional dan pastinya berkaitan dengan gaya hidup saat ini.

Dalam menerapkan desain ruangan seperti ini, tentu juga perlu memperhatikan pemilihan furniture. Pastikan bahwa furniture tersebut juga sesuai dengan gaya masa kini.

Selain itu, arsitektur ruang aula dengan konsep modern biasanya mempunyai ornamen yang minim. Fokus utamanya hanya pada bentuk, ukuran serta material penyusun ornamen tersebut.

3. Desain Aula Pertemuan Minimalis

Desain Aula Pertemuan Minimalis

Desain aula pertemuan hotel minimalis juga cukup menarik diaplikasikan. Terutama bagi ruang aula dengan space terbatas seperti ini.

Meskipun hanya memiliki ruangan yang terbatas, namun acara yang terselenggara di dalamnya tetap dapat berlangsung dengan baik. Partisipan atau tamu dalam ruangan tetap bisa nyaman.

Untuk ruangan semacam ini, maka perlu melakukan penataan seating dengan konsep classroom. Hal ini memungkinkan partisipan untuk fokus ke depan.

Berikan jarak kursi yang pas antar sesama partisipan yang hadir dalam ruangan tersebut. Hal ini agar partisipan bisa saling berinteraksi dengan baik dan tidak saling terganggu.

4. Desain Aula Hotel Formal

Desain Aula Hotel Formal

Desain ruang aula hotel dengan konsep formal seperti ini juga layak dipertimbangkan. Desain aula ini sangat cocok untuk meeting maupun keperluan perusahaan.

Ruang aula seperti ini memang sering digunakan untuk kebutuhan formal. Sekali melihatnya saja, tentu sudah mampu memberikan kesan eksklusif dan berkelas.

Konsep ruangan seperti ini juga memerlukan penataan seating terbaik. Pastikan tamu atau partisipan yang hadir dalam ruangan bisa berfokus ke depan dengan baik.

Selain itu, pemilihan kursi juga penting dilakukan. Pilih kursi yang bisa membuat partisipan nyaman dan betah selama berada di ruangan.

5. Desain Aula Klasik dan Elegan

Desain Aula Klasik dan Elegan

Ini adalah desain ruang aula hotel yang antimainstream. Desain ini sangat cocok diaplikasikan untuk hotel yang lokasinya berada di dekat laut.

Pasti akan mampu memberikan nuansa yang sangat berbeda dibandingkan dengan hotel-hotel lainnya, Tamu atau partisipan yang hadir juga akan semakin betah berada di ruangan.

Sembari mengikuti jalannya acara, mereka nantinya bisa dengan leluasa memandang ke arah laut lepas. Perhatikan juga tentang penempatan lampu ruangan.

Pastikan seluruh bagian ruangan bisa mendapatkan pencahayaan yang baik. Kemudian, pada bagian partisi pilihlah yang terbuat dari material kaca. Hal ini akan membuat visual ruangan tampak lebih indah.

6. Desain Aula Ala Jepang

Desain Aula Ala Jepang

Mengadopsi gaya Jepang untuk desain ruang aula hotel tentu bisa memberikan ide cemerlang. Interior aula seperti ini tentu bisa dikatakan sebagai salah satu inspirasi yang antimainstream.

Ruangan ini memiliki style khas tradisional Jepang. Pada bagian dasar ruangan, bisa menerapkan lantai dari material kayu.

Begitu juga dengan pemilihan partisi geser yang benar-benar mencerminkan kekhasan tradisional Jepang. Kemudian, untuk bagian kursi sebaiknya pilih yang memiliki kaki rendah.

Seimbangkan juga dengan bagian meja. Tata rapi kursi-kursi tersebut dengan model saling berhadapan. Hal ini akan membuat interaksi antar partisipan kian terasa efektif.

7. Desain Ruangan Semi Aula Modern

Desain Ruangan Semi Aula Modern

Ide terakhir adalah desain ruangan semi aula modern. Dikatakan semi modern karena memang desainnya mengusung tema aula klasik dan modern sekaligus.

Pada penataan seating ruangan akan menempatkan konsep classroom maupun teater bergantung kebutuhan. Jadi, partisipan atau tamu yang hadir bisa memiliki fokus yang baik ke bagian depan.

Selain itu, jangan lupa tempatkan perlengkapan presentasi yang cukup. Karena aula seperti ini paling cocok dijadikan sebagai tempat menyelenggarakan acara formal.

Kemudian, pemilik hotel bisa memberikan partisi geser yang memungkinkan ruangan terlihat semakin fleksibel dan futuristik.

Pilihan desain ruang aula hotel sangat beragam. Pilih saja desain mana yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan desain ruangan hotel yang dipilih mampu memberikan kenyamanan terbaik.

Leave a Comment