9 Ide Kreatif dan Modern Pembatas Ruangan Kayu

Pembatas ruangan kayu – Saat ini keterbatasan ruang dalam hunian semakin dibatasi karena sempitnya ruang yang akan digunakan.

Berbagai ide pun dibuat untuk menguji bagaimana menempati lahan sempit namun memiliki ruangan yang multifungsi.

Tema open space atau ruang terbuka dalam desain interior sangat populer. Ini akan memberi kesan luas. Desain ruang terbuka berarti tidak ada dinding untuk memisahkan ruangan. Namun, diberi sekat berupa sekat ruangan dari kayu, rumah tersebut terlihat menawan.

Pembatas ruangan atau partisi ruangan merupakan elemen yang berguna untuk membagi ruang. Material partisi sendiri bermacam-macam, jenis dan bentuknya juga berbeda-beda. Beberapa dirancang untuk menjadi permanen, yang lain dapat dipindahkan sesuai kebutuhan.

Material partisi ruangan yang juga bisa berguna untuk dekorasi ruangan adalah kayu. Untuk membantu Anda memilih, berikut beberapa desain yang bisa menjadi ide.

Ide Desain Pembatas Ruangan Kayu Untuk Hunian

1. Desain partisi kayu di kamar tidur

partisi ruangan kayu minimalis di kamar tidur

Apakah Anda ingin ruang pada kamar tidur Anda tanpa gangguan tetapi tetap merasa lega? Mungkin desain pembatas ruangan berpanel kayu bisa jadi pilihan.

Memisahkan ruangan dengan sekat ini menjadikan ruangan memiliki dua fungsi, tanpa perlu menambahkan dinding pemisah. Anda bisa meletakkannya tepat di belakang tempat tidur agar memiliki pemandangan yang indah dan tidak mengganggu ruangan.

2. Pembatas ruangan kayu vertikal

Pembatas ruangan kayu vertikal

Pembatas ruangan kayu vertikal dengan sebuah space juga menjadi desain partisi yang bagus untuk diaplikasikan pada sebuah rumah.

Anda dapat menempatkan partisi ini secara permanen atau portabel di dalam ruangan. Bagaimana memisahkan dapur dan ruang makan yang berada di ruangan yang sama.

3. Pembatas kamar kayu yang digunakan hotel

Pembatas kamar kayu yang digunakan hotel

Anda pasti sudah sering melihat desain partisi ini. Biasanya digunakan di akomodasi, kantor atau restoran. Anda juga bisa meniru desain ini untuk mengaplikasikannya di sebuah hunian.

Desain partisi ini cukup sederhana, yaitu dengan menyusun beberapa panel kayu tinggi vertikal. Meski sederhana, partisi ini bisa menambah nilai pada ruangan.

Cobalah untuk mencapai ketinggian tersebut hingga Anda mencapai langit-langit. Untuk tampilan yang bagus, Anda dapat menambahkan pencahayaan tammaterial di atas partisi.

4. Partisi dan rak kayu

Partisi dan rak kayu pallet

Tidak ada salahnya memilih sekat ruangan dari kayu dengan model rak. Anda bisa menggunakan ini sebagai tempat untuk menyimpan atau memajang sesuatu. Oleh karena itu, pendudukan menjadi lebih efektif dan menghemat ruang.

Seperti yang dijelaskan di atas, partisi adalah elemen yang cukup fungsional dalam sebuah rumah. Selain sebagai pemisah ruang, keberadaannya juga fungsional dan bisa berfungsi sebagai rak penyimpanan. Anda bisa menyimpan buku, majalah, vas dan dekorasi lainnya di rak.

Penggunaan layout ini sesuai untuk ruang tamu dan ruang keluarga yang berada dalam satu ruangan tanpa sekat dinding. Untuk membuat ruangan terasa luas dan nyaman.

5. Desain pembatas kayu bergaya pedesaan

Desain pembatas kayu bergaya pedesaan

Jika ingin menghadirkan nuansa pedesaan pada hunian Anda, desain bergaya country ini bisa menjadi pilihan. Desainnya sangat sederhana, namun tetap memberikan kesan hangat dan unik pada rumah. Untuk kesan pedesaan yang khas, Anda bahkan bisa memanfaatkan kayu bekas yang Anda miliki untuk partisi.

6. Desain bentuk bata kayu

Desain bentuk bata kayu

Tumpukan kayu horizontal yang diatur sedemikian rupa juga dapat memberikan tampilan bata. Anda dapat memilih jenis dan warna kayu yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pembatas ruangan dari kayu ini akan membuat ruangan menjadi lebih menyenangkan.

7. Desain partisi kayu lipat

Desain partisi kayu lipat

Desain berikut cocok untuk Anda yang membutuhkan insulasi portabel dan mudah dipindahkan. Partisi kayu ini didesain agar terlihat seperti pintu yang bisa dilipat dan digunakan sesuai kebutuhan. Jenis partisi ini juga cocok untuk semua ruangan di hunian.

8. Ukiran kayu

Penyekat Ukiran kayu

Jika Anda menyukai seni, Anda bisa memilih pembatas ruangan dari kayu dengan desain ukiran. Desain partisi kayu ini terlihat sangat mewah berkat ukiran yang melengkung. Selain itu Anda juga bisa mencocokkan warna dengan lantai, gorden dan rak TV agar rumah semakin elegan.

9. Pola kotak-kotak kayu

pembatas ruangan kayu jati

Pembatas ruangan kayu ini terdiri dari kotak kayu yang disusun tidak beraturan. Namun sekat kayu ini tetap terlihat cantik. Untuk mendapatkan ilusi ruang yang luas, gunakan sekat ruang kayu berwarna terang.