Ada Berapa Jenis Partisi Lipat Yang Kalian Tau? Simak Artikel Berikut!

Partisi lipat adalah pembatas atau sekat antar ruangan. Ada dua jenis yakni partisi lipat permanen dan non permanen. Adapun partisi lipat bisa terbuat dari macam-macam material seperti besi, kayu, plastik, atau yang lebih simpel dan fleksibel lainnya.

Untuk yang permanen biasanya digunakan di suatu ruangan besar guna menjadikan satu ruangan besar itu menjadi dua atau lebih ruangan. Jika membutuhkan ruangan besar maka cukup dibuka, untuk yang tidak permanen bisa dibentangkan saat digunakan lalu dilipat ketika sedang tidak digunakan.

Kelebihan-kelebihan dari partisi lipat ini adalah mudah digunakan karena tidak membutuhkan banyak tenaga jika ingin membuka atau menutupnya. Partisi ini tahan lama jadi Anda tidak perlu berkali- kali membeli atau membuatnya lagi, perawatannya mudah, mudah didapatkan dimana saja, memiliki banyak pilihan motif atau desain.

Pintu Partisi Sliding/Geser

partisi lipat sliding

Partisi lipat sliding/geser merupakan salah satu penyekat ruangan geser yang flexible dan movable serta adanya sistem kedap suara atau peredam suara. Seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya, pintu geser tersedia dalam banyak jenis bahan yang digunakan yang akan menyesuaikan kebutuhan ruangan dan rumah Anda

Penyekat ruangan ini biasanya digunakan sebagai pembatas ruangan yang satu dengan yang lainnya dengan fungsi yang berbeda. Dari segi akan lebih murah daripada menggunakan sekat ruang permanen.

Partisi Lipat Minimalis

partisi lipat minimalis

Partisi ruangan lipat kini banyak dipilih sebagai pembatas ruangan karena desainnya lebih minimalis dan dapat memberikan kesan modern. Rumah minimalis kebanyakan meminimalkan penggunaan tembok sehingga penggunaan partisi ruangan sebagai sekat dianggap lebih tepat.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan memasang partisi lipat untuk rumah minimalis adalah menetapkan lokasi pemasangan. Apakah jenis ruangan yang akan dipasang partisi membutuhkan pembatas privasi yang cukup tinggi. Hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk memilih jenis partisi permanen maupun non permanen yang akan digunakan.

Setelah menetapkan lokasi mana saja yang perlu dipasang partisi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menetapkan desain yang sesuai. Apakah desain yang akan digunakan hanya dijadikan sebagai pembatas semu atau pembatas total. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan jenis material yang digunakan.

Jenis material yang partisi yang dapat dipilih diantaranya berasal dari kayu, kaca, kain dan juga bambu. Anda dapat memilih jenis material yang dibutuhkan sesuai keinginan. Material kaca biasanya dipilih untuk ruangan yang tidak terlalu membutuhkan privasi. Tampilan ruangan dengan partisi kaca akan terlihat cukup manis dan juga elegan.

Partisi Lipat Untuk Ruangan atau Hunian

partisi lipat ruangan

Partisi lipat penyekat ruangan sangat mudah, praktis, dan fleksibel. Cocok digunakan sesuai kebutuhan, guna menampilkan estetika pada penyekat ruangan. Maka cari model yang menarik tetapi sesuai dengan konsep dan ukuran ruangan sehingga akan dapat menyatu dengan ruangan.

Bila membahas tentang ruangan minimalis maka yang terpikirkan adalah ruangan yang memiliki kesan elegan, modern dan simple. Jadi wajar bila sekarang banyak orang yang memilih konsep tersebut, karena sesuai dengan karakter masyarakat masa kini.

Untuk dapat menampilkan kesan minimalis anda harus menyeimbangkan konsep ruangan antara interior dan eksterior. Jadi apabila eksterior sudah sempurna maka untuk interior juga perlu disesuaikan.

Partisi Lipat Berbahan PVC

partisi lipat PVC

Partisi lipat PVC merupakan salah satu penyekat ruangan yang banyak diaplikasikan di kantor, restoran, hotel, maupun di rumah. Dengan menggunakan partisi lipat ini, setidaknya ruangan akan tampak lebih besar dan luas. Maka dari itu, tidak heran jika digedung gedung pertemuan banyak yang menggunakan partisi lipat ini sebagai penyekat antar ruangan.

Pada dasarnya, partisi lipat sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan salah satunya adalah pintu lipat PVC. Partisi lipat yang satu ini diklaim mempunyai banyak sekali kelebihan jika dibanding dengan partisi lipat jenis lain.

Salah satu keunggulan pintu lipat yang berbahan PVC terletak pada kualitasnya. Dari segi kualitas, tentu pintu lipat PVC ini tidak kalah dengan partisi lipat jenis lain.

Partisi lipat jenis ini mempunyai kualitas baik adalah tidak akan rusak meskipun telah dipakai dalam beberapa tahun. Karena mempunyai kualitas baik, tak heran jika partisi atau pintu lipat PVC ini banyak diaplikasikan di ruang pertemuan, kampus, hotel dan juga restoran.

Keunggulan lain yang dimiliki partisi atau pintu lipat PVC adalah sangat mudah dalam hal pemasangan. Tentu hal ini tidak akan Anda temukan jika menggunakan partisi lipat jenis lain.

Pintu Partisi untuk Ruang Tamu

partisi ruang tamu

Ingin membagi ruang tamu menjadi beberapa bagian? Solusi paling sempurna yaitu dengan memanfaatkan partisi lipat ruang tamu. Dengan menggunakan partisi ini, kalian bisa menyekat ruangan namun tidak secara permanen karena bisa dipindahkan atau dibuka sesuai kebutuhan saat memerlukan area luas.

Penggunaan partisi ruang tamu sanggup menciptakan ruangan kalian lebih elok nan indah. Hal ini dikarenakan desain dan material dari partisi sanggup menghipnotis keseluruhan desain sebuah ruangan.

Terlebih lagi model partisi yang beraneka ragam dan cenderung unik menjadi daya tarik keindahan tersendiri bagi orang yang melihatnya.

Partisi Lipat Kedap Suara

partisi kedap suara

Partisi lipat kedap suara dengan sistem persection atau digeser satu-satu ini biasanya kita banyak temui di perkantoran, biasanya di buat penyekat pada ruang meeting,atau di ballroom hotel, Aula, ruang VIP restaurant dan masih banyak lagi ruang-ruang lainnya.

Contohnya di berbagai perkantoran pintu lipat ini biasanya di gunakan sebagai penyekat antara ruang satu dengan ruang lainnya, sehingga tidak mengganggu apabila ruang yang satu ada semacam kegiatan atau meeting,karena sifatnya yang kedap suara.

Selain fungsi utama sebagai pembatas, pintu lipat kedap suara ini juga bisa dijadikan interior ruangan karena bisa menjadikan ruangan tersebut menjadi lebih menawan.

Dengan desain yang minimalis pintu lipat ini bisa menyesuaikan dengan interior ruangan yang sudah ada, karena finishing atau tampilan luar dari pintu lipat ini berbagai macam sesuai dengan selera atau mengikuti desain interior ruangan yang sudah ada.

Leave a Comment