Decibel: Arti, Fungsi, Satuan, Cara Menghitung, Contoh Soal

Decibel adalah bagian dari satuan logaritma untuk mengukur tingkat suara. Apakah itu tidak terdengar, diam, sedang, bising, sangat bising, hingga menyakitkan. Maka dalam hal ini, satuan ini dapat ditemukan pada benda-benda yang mengeluarkan suara.

Seperti pesawat, mobil, truk, ketika murid belajar dalam kelas, bisikan, ambulans, telepon, dan lain sebagainya. Lantas, mengapa sebuah suara diukur? Hal ini untuk membantu memahami dan mengontrol suara di banyak bidang, karena suara yang menyakitkan dapat merusak pendengaran.

Contents

Arti dari Decibel

Decibel adalah satuan pengukuran suara yang dilambangkan dengan (dB). Sama seperti beberapa satuan lainnya, satuan ini tidak hanya berdiri sendiri, tetapi ada beberapa satuan sejenis seperti dB(A), dBA, db(C), dBV, dBm, dan dBi.

Dalam beberapa sumber, para ahli telah menghitung kebisingan lingkungan di sekitar kita. Seperti chipper pneumatic telinga memiliki kebisingan 120 dBA, lalu lintas kota dengan kebisingan 85 dBA, penyedot debu dengan kebisingan 75 dBA, dan kulkas rumah dengan kebisingan 55 dBA.

Fungsi Decibel

Lalu, Decibel untuk mengukur apa? Satuan Decibel berguna untuk mengukur tingkat kebisingan benda-benda di sekitar. Satuan ini memfasilitasi para ahli untuk menentukan besaran suara alat pendengar hingga ketebalan penutup telinga untuk menghindari kebisingan bayi dan penembak.

Besaran Tingkat Pendengaran

Tidak hanya itu, satuan Decibel juga telah memfasilitasi para ahli untuk menetapkan tingkat gangguan pendengaran seseorang sebelum terciptanya peralatan untuk hal ini. Informasi inilah yang kemudian menjadi pedoman untuk tetap menjaga kesehatan pendengaran manusia.

Tingkat pendengaran 0-20 dB HL menunjukkan pendengaran normal di semua frekuensi. 20-40 dB HL menunjukkan gangguan pendengaran ringan. 55-70 dB HL menunjukkan gangguan pendengaran agak parah. Di atas 90 dB HL menunjukkan gangguan pendengaran sangat parah.

Terdapat beberapa tanda yang dapat diamati untuk mendeteksi apakah pendengaran dalam keadaan normal atau bahaya. Mulai dari terus bergerak lebih dekat ketika mitra tutur berjarak tiga kaki, pendengaran teredam setelah meninggalkan tempat bising, hingga telinga sakit dan berdengung.

Suara 100 Decibel seperti Apa?

Suara 100 Decibel dapat ditemui pada suara kereta bawah tanah. Besaran suara semacam ini, dapat diketahui dari skala Decibel. Beberapa contoh lainnya, seperti pengering rambut berskala 70, alarm berskala 60, percakapan berskala 50, radio keras berskala 80, dan tembakan berskala 130.

Rumus Decibel

Decibel adalah satuan untuk mengukur besaran power dan amplitudo. Dalam aplikasinya, besaran power dapat diaplikasikan untuk mengukur daya suara (watt), intensitas suara (watt /m2), daya listrik, dan intensitas listrik.

Rumus besaran power, dinyatakan dengan 10 log x (W : Wref). Rumus besaran amplitudo dinyatakan dengan 10 log x (X : Xref) atau 20log x (X : Xref). Untuk mengetahui bagaimana cara pengaplikasiannya, simak poin selanjutnya.

Contoh Cara Menghitung Decibel

Perhitungan Decibel dapat dilakukan melalui dua cara, yakni secara manual dan instan. Perhitungan secara instan melibatkan alat Simcenter Test Lab. Untuk itu, dibutuhkan adanya format Decibel yang memuat sumbu Y dan sumbu X. Berikut contoh varian kasus dan cara hitung Decibel secara manual.

Soal Pertama

Sebagai contoh, Nanda akan merekam orkestra menggunakan mikrofon. Ia langsung membuat rekaman secara cepat ketika mereka memulai instrumennya. RMS amplitudo menunjukkan bahwa suara berbunyi sebesar 1.084 pascal. Maka, berapa amplitudo dB dari suara tersebut?

dB = 20 log (X / Xref)
dB = 20 log (1.084 Pa / 0.00002 Pa)
dB = 94.6799

Soal Kedua

Sinta ingin menghitung kebisingan sebuah pompa yang berjarak sekitar 9 kaki. Pompa tersebut memiliki tekanan 87 dB. Pengukuran pembacaan tekanan suara dB dan jarak dari pusat suara akan menghasilkan daya akustik atau level kebisingan.

dB = tekanan dB + jarak log 20 [kaki] – 2.5 dB
dB = 87 + [20 x 0.954] – 2.5
dB = 103.58

Decibel adalah satuan yang dapat digunakan untuk mengukur suara. Melalui satuan ini, dapat diketahui tingkat kesehatan pendengaran, besaran suara suatu benda, batas besaran suara tertentu, dan tingkat ketebalan penutup telinga untuk bayi atau permainan tembakan.

Leave a Comment