Fungsi Partisi Lipat Pada Ballroom

Fungsi partisi lipat pada ballroom dapat membawa kemewahan sekaligus fungsionalitas. Salah satunya yaitu seperti di sebuah hotel. Desainnya sengaja dibuat elegan dan digunakan untuk membuat ruang terbuka atau memisahkan area untuk acara eksklusif.

Jika berbicara mengenai partisi, tentu ini tidak hanya sekedar tirai biasa. Akan tetapi ini merupakan inovasi revolusioner yang bisa mengubah ballroom menjadi ruang yang serbaguna dan fleksibilitas.

Fungsi partisi lipat pada ballrom adalah sebagai pembagi ruang untuk solusi praktis dan serbaguna. Desain dengan partisi lipat lebih memungkinkan penataan ulang ruangan lebih mudah tanpa harus menggunakan dinding permanen.

Hal ini karena adanya bantuan engsel yang sudah diaplikasikan di setiap dinding antara satu dengan yang lainnya. Bisa dikatakan bahwa partisi lipat sifatnya semi permanen karena dapat dilipat kemudian dipasang kembali.

Sedangkan ketika pelepasan tidak bersifat permanen, dikarenakan komponen dari partisi tetap dibiarkan pada posisi berdiri. Sehingga tidak terlepas dari medianya. Apabila ingin melepas secara permanen, partisi tidak dapat ditutup kembali dikarenakan tidak adanya komponen pendukungnya.

Penggunaan partisi lipat pada sebuah ruangan bisa memberikan sentuhan magis di setiap acara yang diadakan, terutama di ballroom hotel. Berikut ini fungsi dari partisi lipat:

Penggunaan partisi lipat tidak hanya dari segi fungsionalnya saja, namun juga mempunyai fungsi sebagai elemen dekoratif yang dapat meningkatkan desain ruangan secara menyeluruh.

Partisi lipat sangat memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien. Sedangkan partisi juga lebih cepat untuk memisahkan maupun menggabungkan area dengan cara mengakomodasi di berbagai kebutuhan fungsional.

Contents

Tipe Partisi Lipat Untuk Ballroom CV Pireki Asia

Penting untuk mengetahui, jenis-jenis partisi lipat untuk ballroom bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mengingat bahwa fungsi partisi lipat pada ballroom bisa memberikan nilai estetika, sehingga jangan sampai salah pilih.

Partisi Lipat PVC

Penggunaan partisi PVC hampir sama seperti kayu. Namun bahan yang digunakan adalah PVC. Ada banyak corak warna yang bisa dipilih sesuai dengan ruangan yang ingin digunakan.

Partisi Lipat Samowa

Bahan ini menggunakan sistem finishing yang sangat baik. Pada biasanya digunakan untuk menyekat di berbagai ruangan, termasuk untuk ballroom. Kelebihannya jika menggunakan partisi lipat jenis ini yaitu suara yang ada di dalam ruangan tidak akan terdengar jelas di ruangan lain.

Partisi Lipat Sorepa

Jenis partisi lipat sorepa sudah menggunakan peredam suara agar suara di ruangan lain tidak mudah terganggu. Bahan yang digunakan multiplek dengan rockwool density kisaran 40.

Tips Memilih Partisi Lipat Untuk Ballroom

Menentukan partisi lipat untuk ballroom memang bukan hal yang mudah, karena harus lebih selektif supaya bisa digunakan secara maksimal dan sesuai kebutuhan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Ketahui jenis ruangan yang ingin dipasang partisi terlebih dahulu.
  • Jenis bahan partisi yang digunakan.
  • Pilih partisi lipat sesuai dengan desain ruangan.
  • Pilih sesuai harga di pasaran atau sesuai budget.

Kelebihan Partisi Lipat

Partisi lipat juga dikenal sebagai dinding lipat atau akordeon. Sesuai dengan namanya bahwa partisi lipat ini menjadi satu modal sekat ruangan yang dapat diaplikasikan dengan cara dilipat. Sehingga ketika dibuka, maka dinding pembatasnya dapat dilipat.

  • Fleksibilitas

Partisi lipat memiliki panel yang dihubungkan menggunakan engsel, bisa dilipat atau ditumpuk dengan rapi pada saat tidak digunakan. Desain yang ditawarkan sangat memudahkan pengguna untuk membagi ruangan sesuai kebutuhan.

  • Tersedia beragam bahan

Ada banyak pilihan bahan untuk pembuatan partisi lipat, seperti kaca, vinyl, logam, kayu dan yang lainnya. Warna dan teksturnya juga berbeda, bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk estetika ruang.

  • Kedap Suara

Banyak sekali desain partisi lipat yang mempunyai kemampuan kedap suara. Penggunaan partisi cocok untuk lingkungan yang butuh pengendalian kebisingan.

Kekurangan Partisi Lipat

Perlu diketahui bahwa penggunaan partisi model ini ternyata juga memiliki beberapa kelemahan, seperti berikut:

  • Harga Menyesuaikan Ukuran

Partisi lipat pada biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan tirai atau jenis sekat yang lainnya.

  • Membutuhkan Pemasangan Profesional

Tidak semua orang bisa menggunakan dan memasang partisi lipat, karena pemasangan membutuhkan tenaga profesional dan hal ini pasti akan menambah biaya.

  • Insulasi Suara Tidak Memadai

Tidak semua partisi atau dinding menyediakan insulasi suara yang baik. Apabila membutuhkan ruangan yang tenang, maka harus memilih model pada peringkat kedap suara yang lebih tinggi.

Memilih partisi lipat yang sesuai dan tepat bisa meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi ruang secara signifikan. Mengingat fungsi partisi lipat pada ballroom yang sangat bermanfaat, maka bisa menjadi solusi secara ideal untuk berbagai acara.

Leave a Comment