Arti Folding Door: Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Folding door adalah salah satu pilihan yang tepat untuk melengkapi konstruksi rumah hunian. Menawarkan desain modern dengan lipatan minimalis. Cocok digunakan sebagai sekat pembatas antar ruang, pintu ke arah kolam renang atau taman, hingga pintu utama.

Berbagai macam jenis dengan material kini tersedia. Mulai dari kaca, kayu, aluminium, hingga PVC. Begitu juga dengan pilihan warnanya, pemilik bagunan dapat menyesuaikan warna folding door dengan nuansa atau warna bangunan.

Contents

Apa Arti Kata Folding Door?

Folding Door adalah pintu lipat geser yang dapat dibuka ke dalam maupun ke luar. Pintu ini terdiri dari beberapa bagian yang disambungkan dengan engsel, sehingga dapat terlipat dan terbuka lebar. Beberapa jenis folding door dilengkapi dengan rel di bagian atas maupun bawahnya.

Jenis-Jenis Folding Door

Pilihan folding door saat ini cukup bervariasi. Baik itu desain, warna, jumlah daun pintu, aksesoris, model handle, jenis roller, material, dan lain sebagainya. Semua kriteria tersebut dapat diminta ketika memesan folding door. Berdasarkan fungsinya, berikut beberapa jenis folding door.

1. Folding Door Eksterior

Folding door yang dikhususkan untuk pintu eksterior memiliki ketahanan untuk menjaga ruangan tetap aman. Umumnya, pintu jenis ini terbuat dari material yang tahan terhadap cuaca, udara, kokoh, tahan lama, dan rendah perawatan.

2. Pembatas Ruangan

Tidak hanya digunakan sebagai pintu akses, tetapi folding door juga dapat digunakan untuk pembatas ruangan. Memungkinkan pemilik rumah membuat privasi atau memperluas ruangan tanpa renovasi. Dengan begitu, pembagian ruangan lebih mudah dan fleksibel.

3. Folding Door dengan Akses Pintu

Folding door jenis lainn menawarkan kemudahan akses dengan adanya tambahan pintu yang dapat dibuka dan ditutup. Dengan begitu, pemilik rumah tidak harus melipat pintu ketika akan masuk atau keluar. Akses pintu ini juga dilengkapi dengan kunci, sehingga memiliki tingkat keamanan yang sama.

Folding Door Terbuat dari Bahan Apa?

Material menjadi salah satu kriteria yang harus menjadi perhatian penting bagi pemilik bangunan. Material yang tahan lama dan kokoh menjadi dua bahan yang paling banyak dicari, terutama dalam memilih material untuk pintu. Berikut karakteristik material yang ditawarkan oleh folding door.

1. Aluminium

Aluminium adalah salah satu material yang baik ketika diaplikasikan untuk pintu eksterior, karena material ini cukup tahan terhadap cuaca, tahan lama, dan rendah perawatan. Harganya yang mahal menawarkan berbagai manfaat untuk bangunan.

2. Kayu

Selain aluminium, folding door juga kerap dibuat dari bahan kayu yang dipadukan dengan kaca. Material ini banyak digunakan untuk melengkapi interior, karena menawarkan estetika visual yang tinggi. Pemilik rumah dapat memilih jenis kayu, warna, bentuk, hingga ukuran.

3. uPVC

uPVC adalah material folding door berbahan plastik dan memiliki karakteristik yang lebih kaku dan tahan lama. Harganya cukup terjangkau, serbaguna, rendah perawatan, dan lebih tahan lama dibandingkan kayu.

Kelebihan Folding Door

Folding door adalah salah satu investasi berharga untuk sebuah bangunan, terlebih rumah hunian. Tidak hanya menawarkan estetika yang tinggi, tetapi menambah fungsionalitas ruangan dan meminimalisir pemilik rumah dari renovasi.

1. Pencahayaan Alami Mudah Masuk

Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan, folding door yang diaplikasikan untuk eksterior memungkinkan pencahayaan alami masuk lebih banyak. Dengan begitu, hal ini akan meminimalisir tagihan listrik di rumah.

2. Serbaguna

Folding door juga menawarkan kemudahan akses bagi penghuni rumah untuk berpindah dari satu ke tempat lain. Bahkan pemilik rumah dapat menghilangkan pintu ini dengan cara melipatnya ke salah satu sisi untuk memberikan kelegaan pada ruangan.

3. Meningkatkan Keamanan

Umumnya, material kaca terkenal dengan kerentanannya yang mudah pecah. Namun sebenarnya, hal ini tidak berlaku untuk folding door, sebab pintu jenis ini dilapisi dengan tempered glass, bingkai aluminium di semua sisi, sistem penguncian khusus, dan tiga titik keamanan.

4. Ukuran Folding Door

Berdasarkan standarnya, ukuran folding door untuk pintu internal mulai dari 1.2 m, 1.5 m, 1.8 m, 2.1 m, 2.4 m, dan 2.7 m. Sementara untuk pintu eksternal, mulai dari 1.8 m, 2.1 m, 2.4 m, 2.7 m, dan 3m. Ukuran ini dapat berubah dan disesuaikan dengan kebutuhan pemilik bangunan.

Harga Folding Door

Harga folding door PVC lipat per 1 cm bukaan 1 arah dibanderol seharga Rp12.700, sedangkan untuk bukaan 2 arah dibanderol seharga 15.200. Harga ini dapat berubah bergantung pada vendor, lebar, tinggi, model, material, dan lain sebagainya.

Folding door adalah pilihan pintu lipat untuk eksterior maupun interior bangunan. Model pintu lipat ini dapat dipesan sesuai dengan pilihan yang ada atau custom sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Dapat menambah estetika, serbaguna, rendah perawatan, dan meningkatkan keamanan.

Leave a Comment