Pengertian Rockwool: Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan

Rockwool adalah media tanam yang beberapa tahun terakhir banyak diminati para petani. Media ini memungkinkan orang-orang untuk menanam berbagai tanaman dengan lebih mudah dan subur. Bahkan, jika hanya memiliki sedikit lahan di samping rumah pun, Anda bisa memanfaatkan rockwool.

Seperti yang diketahui, media tanam merupakan tempat untuk menanam berbagai tumbuhan. Bagi petani, tanah adalah media tanam yang paling banyak dan mudah untuk ditemukan. Sayangnya, tidak semua tanah memiliki tingkat kesuburan yang bagus sehingga dapat berpengaruh terhadap tanaman.

Contents

Pengertian Rockwool

Rockwool adalah media tanam yang berupa mineral fiber yang digunakan sebagai pengganti tanah. Media tanam ini banyak digunakan petani hidroponik karena memiliki banyak kelebihan. Pada dasarnya, rockwool terbuat dari batu, keramik, maupun kaca yang dilelehkan di bawah suhu tinggi.

Material tersebut kemudian dipintal hingga membentuk serat seperti gula kapas. Nah, setelah serat tersebut dingin, selanjutnya akan dipotong-potong dengan ukuran yang sesuai keinginan. Jika petani membutuhkan media tanam yang cukup besar atau kecil, maka ukuran rockwool dapat disesuaikan.

Fungsi Rockwool

Rockwool diketahui memiliki banyak fungsi, selain media tanam. Untuk itu, media ini banyak dicari masyarakat karena memiliki banyak kegunaan. Apalagi, rockwool mudah untuk ditemukan di pasaran maupun dapat dibuat sendiri di rumah jika memiliki bahan baku. Beberapa fungsi rockwool, yaitu:

  • Media tanam hidroponik
  • Bahan insulasi termal
  • Peredam suara
  • Semprotan kebakaran

Jenis Rockwool

Secara umum, rockwool yang dijual di pasaran terdiri dari beberapa jenis berdasarkan bentuknya. Mengenal jenis-jenis rockwool akan memudahkan Anda untuk membeli sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis rockwool adalah sebagai berikut.

1. Rockwool Slab

Jenis rockwool yang berbentuk seperti lembaran dengan kepadatan yang tinggi dikenal sebagai rockwool slab. Umumnya, rockwool jenis ini dipasang di permukaan yang datar, seperti plafon, lantai, maupun dinding. Nah, rockwool slab juga memiliki densitas serta ketebalan yang berbeda-beda.

Kelebihan dari rockwool ini adalah mampu meredam suara dengan baik. Oleh karena itu, rockwool slab sering digunakan sebagai dinding partisi antar lantai maupun antar ruangan. Apalagi, bentuknya yang seperti lembaran sangat memudahkan pemotongan rockwool.

2. Rockwool Roll

Sesuai namanya, rockwool roll berbentuk gulungan seperti karpet. Bentuknya yang rool akan memudahkan Anda untuk memasang rockwool di area yang memiliki lekukan dan tidak rata. Misalnya, pengaplikasian pada atap yang miring, dinding yang tidak rata, saluan, maupun elbow.

3. Rockwool Pipe

Selain berbentuk lembaran dan roll, rockwool juga tersedia dalam bentuk pipa atau silinder. Bentuknya yang seperti pipa membuat pemotongan rockwool lebih mudah untuk dilakukan. Rockwool jenis ini dibuat khusus untuk untuk insulasi pipa dan beberapa diantaranya dilapisi dengan aluminium foil.

Kelebihan Rockwool

Penggunaan rockwool untuk media tanam memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanah biasa. Hal inilah yang menyebabkan banyak petani yang memutuskan untuk beralih menggunakan rockwool. Beberapa kelebihan rockwool adalah sebagai berikut.

  • Dapat menyerap air dan udara dan unsur hara
  • Membantu pertumbuhan akar tanaman
  • Memaksimalkan penggunaan pupuk
  • Meredam suara pada ruangan, tembok tipis, maupun atap
  • Membantu membatasi penyebaran api saat terjadi kebakaran di dalam gedung
  • Ramah lingkungan
  • Tidak mengandung patogen penyebab penyakit

Kekurangan Rockwool

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, tidak dapat dipungkiri jika rockwool pun memiliki beberapa kekurangan. Media tanam ini terbuat dari beberapa campuran bahan sulit terurai secara hayati. Nah, bagi yang ingin mengetahui apa saja kekurangan dari rockwool, perhatikan uraian di bawah ini.

  • Tidak mengandung nutrisi alami
  • Tidak dapat terurai secara hayati
  • Harga jual yang mahal
  • Biasanya rockwool hanya digunakan satu kali.

Harga Rockwool

Mengingat banyaknya kelebihan yang dimiliki rockwool, maka peminatnya pun sangat banyak. Sayangnya, media tanam ini diperjualbelikan dengan harga yang cenderung tinggi di pasaran. Umumnya, harga rockwool berbeda-beda sesuai dengan ukuran maupun bentuknya, seperti:

  • Rockwool Cutilene Hidroponik 140 kotak : Rp24.750
  • Rockwool 3 in 1, Nutrisi AB Mix dan TDS : Rp73.850
  • Rockwool Peredam Suara : Rp24.650
  • Rockwool Slab Density 40 kg : Rp27.840

Bagi Anda yang tertarik untuk bercocok tanam di sekitar rumah dengan lahan terbatas rockwool adalah pilihan yang tepat. Media tanam ini sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman, terutama sayuran hidroponik. Selain itu, ada beberapa jenis rockwool yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Leave a Comment